39 Pasang Sapi Ikut Kontes Kecantikan di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.Com
39 Pasang Sapi Ikut Kontes Kecantikan di Pamekasan
Kontes Sapi Kecantikan

PortalMadura.Com, – Sedikitnya ada 39 pasang di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengikuti yang bertempat di stadion Soenarto Hadiwidjojo Jalan Stadion, Minggu (25/10/2015).

Kontes Sape Sono' (begitu biasa disebut) merupakan ajang penilaian kecantikan sapi dan keserasian dalam berpasangan. Mulai aksesoris yang dikenakan hingga cara berjalan dengan iringan musik saronen.

“Penilaiannya berupa keindahan dan kegemulaian sapi saat berjalan, kesamaan warna kulit, keserasian tinggi badan, serta kerapian pakaiannya,” kata salah satu panitia, Rudi Haryanto.

Dalam kontes Sape Sono' ini, sepasang sapi berjalan menuju ‘mimbar' seraya diiringi gamelan atau musik saronen. Selain itu juga, ada pemandu atau joki terlatih yang mengikuti di belakang sapi.

Salah satu pemilik sapi, Sugiyanto menuturkan, dirinya harus merawat dan melatih sapi sebelum mengikuti perlombaan tersebut. Yang termasuk dalam kategori Sape Sono' adalah sapi khusus dan bukan sembarang sapi.

“Perawatannya layaknya manusia, selain dimandikan, juga harus diberi jamu secara teratur agar kondisi tubuhnya tetap fit dan sehat. Salah satu jamunya adalah gula aren,” tuturnya.

Kontes Sapi Sono' yang masuk rentetan dalam kegiatan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan itu diikuti oleh tiga kabupaten di Madura. Yakni Kabupaten Sumenep, Pamekasan dan Kabupaten Sampang. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.