PortalMadura.com

Vasty, Pot Modern berbasis Internet dan Teknologi

  • Sabtu, 21 November 2015 | 06:44
Vasty, Pot Modern berbasis Internet dan Teknologi
Mahasiswa PENS, Pencipta Pot Modern

PortalMadura.Com – Keterbatasan mobilitas para pecinta tanaman dan petani karena suatu kesibukan atau bepergian menjadi permasalahan saat ini.

Pecinta tanaman membutuhkan media untuk memudahkan dalam merawat dan memantau kondisi tanaman. Kehadiran Vasty menjawab permasalahan dan menciptakan alat bantu perawatan dan monitoring berupa vash (pot).

Vasty adalah media untuk penanaman, perawatan dan monitoring tanaman yang berupa vash (pot) dimana dalam pemakaiannya, pengguna dapat mengontrol dan memonitoring tanamannya dari jarak jauh dimanapun, kapanpun melalui internet.

Vasty dapat memberikan perlakuan jika terjadi perbedaan kondisi lingkungan, suhu udara dan kelembapan tanah. Eksekusi perlakuan yakni penyiraman, penyesuaian suhu dan intensitas cahaya yang terjadwal secara real time.

Dengan berbasis internet maka mampu terjadi relationship antara tanaman dengan pemiliknya. Vasty terintegrasi dengan Internet of things (IoT) dimana data mampu ditampilkan melalui smartphone sehingga tanaman akan terawat, terkontrol dan termonitoring.

Selain itu vasty dapat menghilangkan kecemasan dan ketakutan pengguna akan pertumbuhan tanaman yang terpengaruh oleh perbedaan kondisi ekstrim (re: suhu, kelembapan dan intensitas cahaya).

Vasty menerapkan prinsip 4M (Menarik, Memudahkan, Menyenangkan, dan Membiasakan). Dengan hadirnya Vasty tidak hanya membantu pengguna dari sisi fungsionalitas saja, namun juga dengan tampilan notifikasi yang interaktif sehingga tercipta hubungan antara tanaman dengan pemilik. Keunikan yang dimiliki device ini antara lain :

Special Treatment
Vasty mampu memberikan penyiraman, mengatur cahaya dan menyesuaikan suhu yang ideal tanaman   terjadwal secara real time  sesuai kebutuhan tanaman.

Smart Detection
Sensor pada Vasty  menilai kebutuhan tanaman. Vasty akan memonitor dan menganalisa tiga parameter penting yaitu; kelembapan tanah, suhu udara dan cahaya.

Sugesstion
Vasty akan mamberikan anjuran atau rekomendasi perawatan tanaman yang sesuai dengan tanaman yang dibutuhkan berdasarkan data yang diperoleh.

Interaktif via Internet
Vasty dapat memberikan perlakuan jika terjadi perbedaan suhu udara dan kelembapan tanah dengan memberikan penyiraman  terjadwal secara real time pada tanaman dan  apabila intensitas cahaya kurang, Vasty akan mengirimkan notifikasi tempat yang cocok untuk dipindah ketempat yang sesuai.

Vasty merupakan karya Muhammad Ishom bersama timnya yang merupakan mahasiswa asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Harapannya dengan adanya Vasty mampu memudahkan pecinta tanaman dalam merawat dan memonitor tanaman, meningkatkan daya saing bidang teknologi dan kedepan mampu menjadi kebutuhan masyarakat. (rls/har)


loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional