5 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar pada Motor

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar pada Motor
ilustrasi (dapurpacu.com)

PortalMadura.Com – Bahan bakar merupakan sumber tenaga bagi motor. Namun, jika ternyata motor Anda menghabiskan bahan  bakar secara boros. Tentu hal ini sangat menjengkelkan, terlebih jika kantong Anda semakin menipis sedangkan motor sebagai satu-satunya transportasi yang Anda andalkan.

Setiap orang pasti ingin memiliki kendaraan yang hemat dalam urusan konsumsi bahan bakar. Terlebih, harga bahan bakar saat ini cukup mahal. Sehingga, mereka kemudian mengatur strategi dan mencari informasi mengenai cara agar konsumsi bensin kendaraannya setiap hari dapat lebih irit, tidak terkecuali para pengendara sepeda motor.

Berikut lima hal yang patut diperhatikan, agar motor Anda lebih irit bensin, seperti yang disampaikan Mekanik Lancar Motor, Chandra:

Setel Kerapatan Klep Motor
Bagi Anda yang memiliki motor, salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar yakni mengubah setelan klep. Komponen ini berfungsi untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke ruang bakar.

Penyetelan dilakukan dengan merapatkan setelan klep motor, agar bukaan katup menyempit, sehingga bensin yang mengalir akan lebih sedikit.

Pelumas
Pelumas yang baik mampu membuat mesin lebih ringan kerjanya, serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar secara sempurna. Hal ini akan membuat daya kerja mesin lebih optimal, sehingga bensin dapat lebih hemat. Penggantian oli secara rutin dianjurkan, sebagai langkah menjaga sistem kerja mesin.

Cara Berkendara
Karakter setiap pengguna motor selalu berbeda. Agar lebih hemat bahan bakar, maka cara menggunakan motor harus lebih stabil dalam menarik tuas gas motor dan juga memacu kecepatan motor. Akan lebih baik jika Anda menggunakan motor dengan kecepatan stabil.

Selalu Cek Tekanan Ban
Jika tekanan angin kurang, BBM akan lebih boros, karena apabila putaran roda berat, laju motor akan lebih lambat, sehingga dapat memboroskan bahan bakar.

Beban Saat Mengendarai Motor
Hindari pemakaian aksesori secara berlebihan, sehingga membuat berat motor Anda bertambah. Jangan mengangkut barang dan penumpang secara berlebih dengan motor, karena beban pada motor membuat kerja mesin lebih berat, dan hal tersebut membuat bahan bakar lebih boros. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.