5 Resep Praktis Membersihkan Mulut dan Gigi

Avatar of PortalMadura.Com
5 Resep Praktis Membersihkan Mulut dan Gigi
Ist.Net

PortalMadura.Com – Membersihkan mulut dan sering kali di nomor duakan dalam menjaga kesehatan. Padahal seluruh makanan yang masuk dalam tubuh harus melaluinya terlebih dahulu. Anda tidak boleh mengabaikan untuk membersihkan mulut dan gigi sebab jika Anda membiarkannya bisa menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan radang gusi, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah jendela menuju hidup sehat karena lebih dari 90% materi yang masuk tubuh Anda melalui mulut Anda. Di bawah ini merupakan 5 resep yang bisa digunakan untuk membersihkan mulut dan gigi Anda.

Menyikat Gigi
Menyikat gigi yang paling baik adalah minimal dua kali sehari, sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Idealnya adalah menunggu kurang lebih sampai 30 menit setelah makan agar enamel gigi yang melembek karena asam saat makan menjadi kembali keras dan mudah dibersihkan.

Menyikat gigi berguna untuk menyingkirkan plak dan bakteri yang menempel di gigi. Bila Anda tidak menyikat gigi, plak ini akan bercampur dengan sisa makanan dan dirubah menjadi asam oleh bakteri penyebab gigi berlubang.

Berkumur dengan Antiseptik
Anda dapat menyempurnakan sikat gigi dengan berkumur menggunakan larutan antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab plak di tempat-tempat yang tidak terjangkau gigi. Selain itu, berkumur dengan obat kumur antiseptik dapat membantu membersihkan sisa bakteri pemicu plak serta berguna agar terhindar dari penyakit gusi.

Membersihkan Sela Gigi
Membersihkan sela-sela gigi merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Perawatan sela gigi ini bisa dilakukan dengan menggunakan benang gigi (floss) dan tusuk gigi.

Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet yang bebas gula dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi Anda. Permen karet mengandung pemanis xylitol yang bermanfaat menghambat perkembangan bakteri streptococcus sehingga mengurangi gigi berlubang dan plak.

Selain itu, kegiatan mengunyah juga merangsang produksi air liur yang merupakan perlindungan alami terhadap kerusakan gigi.

Menyikat Lidah
Menyikat lidah dapat menghilangkan penumpukan bakteri, sisa-sisa makanan, jamur, dan sel-sel mati dari permukaan lidah.
(majalahkesehatan/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.