Arti Tangisan Bayi Dapat Diterjemahkan dengan Aplikasi Smarthpone Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Arti Tangisan Bayi Dapat Diterjemahkan dengan Aplikasi Smarthpone Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Aplikasi smartphone Android kini hadir untuk mendeteksi arti suara tangisan bayi. Aplikasi tersebut untuk memberitahukan kepada orang tua bahwa si kecil sedang menginginkan sesuatu atau sebaliknya.

Aplikasi smartphone Android ini berhasil dikembangkan oleh para peneliti di Taiwan. Aplikasi ini tidah hanya dapat mendeteksi , namun aplikasi yang bernama Infant Cries Translator ini juga dapat merekam suara bayi secara terpisah dan membandingkannya dengan database yang luas.

Para peneliti Taiwan yang bernama Chang Chuan-yu dan Dr Chen Si mengungkapkan bahwa ada sekitar 200.000 sampel suara bayi menangis dari sekitar 100 bayi baru lahir. Data ini kemudian diunggah menjadi database online. Setelah itu, peneliti menganalisis frekuensi jeritan dan memilahnya.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan, aplikasi yang dihasilkan dari 400 analisis tangisan bayi di telepon pengguna dalam waktu 15 detik. Akurasi cukup tinggi, sekitar 92 persen untuk bayi usia kurang dua minggu (bayi baru lahir) namun kurang akurat bagi bayi diatas satu tahun.

Para ilmuan berharap dengan adanya aplikasi ini dapat membantu menginformasikan orangtua ketika anak mereka lapar, mengantuk, sakit, atau popok basah.

Database aplikasi ini dapat di-update ke Cloud Drive. Aplikasi ini bisa didapatkan pada Google Play dan Aplikasi store Android. Setelah men-download aplikasi ini, kita hanya perlu mengatur tanggal kelahiran dan kebangsaan bayi yang baru lahir. Setelah bayi menangis, kita dapat menekan tombol perekam selama 10 detik, dan suara akan di-upload ke Cloud Drive. Setelah itu, hasil analisis suara akan ditransfer ke ponsel.

Peneliti mengatakan, bayi baru lahir akan memiliki respon khas yang disebut ‘Sucking Reflex'. Mulut mereka akan meronta tak terkendali, dan lidahnya akan menjilat bibirnya sendiri. Mereka bahkan dapat memutar kepala untuk mencari payudara agar bisa menyusui. Suara seperti ini secara akurat dapat dijadikan bahan deteksi dan menandai saat bayi kelaparan.

Aplikasi Infant Cries Translator ini sejak awal 2015 bisa didapatkan dengan  biaya $ 2,99 USD atau sekitar Rp 40 ribu. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.