Kebiasaan Yang Harus Diajarkan Pada Si Kecil Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Kebiasaan Yang Harus Diajarkan Pada Si Kecil Sejak Dini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasan yang baik tidak muncul begitu saja. -anak perlu diajarkan nilai-nilai tersebut sejak dini. Agar saat dewasa, dia tak akan menjadi anak yang suka membuat onar.

Hanya saja kebiasaan baik bukanlah perkara yang mudah dan terkadang para orangtua tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak-anak mereka agar dapat melakukan kebiasaan baik tersebut.

Sebagai orang tua pastikan Anda mengajarkan kebiasaan penting berikut pada anak sejak dini.

Mengajarkan Anak Bertanggung Jawab
Mengajarkan dan menanamkan rasa tanggung jawab pada anak merupakan salah satu hal yang penting. Anda bisa memulainya dari hal yang kecil secara bertahap.

Salah satu contohnya Anda bisa menyuruh anak membereskan buku atau mainan yang berceceran di mana-mana setelah dipakai. Cara ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi ini merupakan salah satu langkah awal dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada anak.

Berbuat Baik pada Orang Lain
Ajarkan kepada anak untuk berbuat baik dan peduli terhadap sesama. Selain itu, berikan pemahaman pada anak supaya mereka bisa memahami kondisi orang lain. Dengan memberikan pemahaman seperti itu, maka anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik dan suka menolong orang lain.

Sopan Santun dan Menghormati Orang Lain
Kebiasaan baik selanjutnya yang penting untuk diajarkan kepada anak, yaitu sopan santun dan menghormati orang lain. Ajarkan kepada anak untuk senantiasa bersikap sopan terhadap orang lain. Ajarkan pula kepada anak supaya menghormati orang lain, seperti teman sebaya, orang yang umurnya lebih tua dari mereka seperti guru ataupun orang tua (ibu dan bapak).

Mengajarkan Hidup Bersih
Salah satu kebiasaan baik yang perlu diajarkan pada anak yaitu kebiasaan hidup bersih. Tanamkan dalam diri anak untuk senantiasa membiasakan pola hidup sehat dan teratur. Mengajarkan kebiasaan hidup bersih bisa dimulai dari hal yang kecil seperti rajin menggosok gigi, rajin mandi dan menjaga kebersihan pakaian.

Dalam mengajarkan kebiasaan hidup bersih pada anak, Anda di tuntut untuk lebih bersabar karena anak-anak tidak akan langsung bisa menerapkan kebiasaan tersebut. Selain itu, Anda juga harus memberikan pemahaman pada anak mengenai pentingnya hidup bersih.

Mengajarkan kebiasaan baik pada anak sangat penting untuk dilakukan sejak dini karena anak kecil masih mudah untuk diarahkan. Apabila kebiasaan baik tidak ditanamkan sejak dini maka anak akan cenderung lebih sulit untuk diarahkan dan bersikap baik ketika sudah dewasa. (bidanku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.