Polres Pamekasan Belum Mampu Tekan Angka Pelanggaran Lalin

Avatar of PortalMadura.Com
Polres Pamekasan Belum Mampu Tekan Angka Pelanggaran Lalin
Ist. Net. Polres Pamekasan

PortalMadura.Com, – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Pamekasan, Madura, Jawa Timur ternyata belum mampu menekan angka pelanggaran lalu lintas (Lalin).

Kaurmintu Satlantas Polres Pamekasan, Iptu Nining Diah Puspita Sari mengatakan, operasi simpatik yang dilakukan sejak tanggal 1 sampai 22 Maret 2016, tercatat sebanyak 1.284 roda dua yang ditilang dan 1.386 roda dua diberikan teguran.

“Dengan rincian, pelanggaran surat-surat 53 persen atau 627 orang,  helm 30 persen atau 353 orang, parkir sebanyak 1 persen atau 7 orang, pelanggaran marka 3 persen atau 33 orang, traffic light 2 persen atau 29 orang, persyaratan teknis dan layak jalan 9 persen atau105 orang. Dan pelanggaran lampu utama 1 persen atau 15 orang,” bebernya, Rabu (23/3/2016).

Menurutnya, sebagian besar dari pelanggar didominasi oleh pelajar atau mahasiswa, padahal pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke sekolah dan memberikan rambu atau spanduk sebagai perhatian kepada pengguna jalan untuk mengikuti rambu lalu lintas.

“Karena mungkin mereka masih muda, dari segi mental masih labil berbeda dengan ibu-ibu atau bapak-bapak, mereka cenderung tidak melanggar. Ya, pastinya ini masalah kesadaran, kalau sadar tentunya tidak melanggar,” katanya.

Adapun upaya menekan angka kecelakaan, lanjut Nining, salah satunya berupa himbauan dengan mobil keliling, sosialisasi kepada pelajar. Namun kenyataannya, pelanggaran tetap didominasi oleh kalangan pelajar atau mahasiswa.

“Saya tidak bisa memastikan apakah angka ini rendah atau tinggi, karena setiap bulan memang rata-ratanya seperti ini. Meskipun ada peningkatan tidak begitu drastis,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.