Sepekan Tidak Melaut, Nelayan Terpaksa Gunakan Uang Tabungan

Avatar of PortalMadura.Com
Sepekan Tidak Melaut, Nelayan Terpaksa Gunakan Uang Tabungan
dok. nelayan

PortalMadura.Com, – Sejak sepekan yang lalu, di wilayah Kecamatan Pasean Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak melaut karena terkendala angin kencang.

Sumhari (49) salah satu nelayan menuturkan, dirinya terpaksa menyandarkan perahu karena khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan apabila dipaksa berangkat menangkap ikan.

“Kita manfaatkan waktu dengan mengecat perahu dan memperbaiki jaring. Sehingga kalau nanti angin sudah reda, perahu dan jaring sudah siap, kami siap melaut lagi,” katanya, Selasa (25/8/2015).

Menurutnya, biaya operasional yang dibutuhkan untuk melaut sekitar Rp2 juta. Sehingga, apabila dirinya memaksa untuk melaut, maka diprediksi akan merugi lantaran hasil tangkapan ikan yang minim.

“Apabila cuaca bagus bisa dapat penghasilan bersih Rp1 juta lebih, tapi bila cuaca tidak bagus seperti sekarang ini, kembali modal saja sudah untung, jadi lebih baik tidak melaut,” akunya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, para nelayan termasuk dirinya terpaksa harus menggunakan uang yang telah disimpan sebelumnya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.