Warga Pantura Kesulitan Pakan Ternak

Avatar of PortalMadura.Com
Warga Pantura Kesulitan Pakan Ternak
Ist.Net

PortalMadura.Com, pantai utara Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengaku kesulitan untuk mendapatkan pada musim kemarau tahun 2015.

Ketua Kelompok Tani Sri Rezeki Desa Dempo Timur Kecamatan Pasean mengatakan, setiap musim kemarau, para peternak sapi di wilayahnya terpaksa mencari ke daerah lain. Bahkan, sebagian dari masyarakat terpaksa membeli rumput kering ke daerah Surabaya.

“Ketika kita membeli pakan atau rumput (Dheremian, Madura) ke Surabaya, kadang-kadang biayanya mencapai Rp800 ribu dalam satu kali angkut,” ungkapnya, Selasa (22/9/2015).

Ia meminta, pemerintah kabupaten (Pemkab) dapat membantu meringankan beban yang dialami peternak sapi dalam setiap tahun. Baik, menyediakan lahan atau menyediakan bibit pakan. Sehingga, kesulitan pakan tidak lagi terjadi pada tahun-tahun berikutnya.

“Satu pik up itu bisa hanya cukup untuk satu bulan. Bayangkan saja, kalau di kelompok tani kami itu perkapita memiliki dua sampai 3 juta ternak sapi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, pihaknya tidak menyediakan lahan dalam pengembangan pakan ternak tersebut.

“Kami tidak menyediakan lahan, tapi kami sarankan agar petani membuat proposal permohonan bibit ke dinas,” pintanya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.