oleh

1.033 Mahasiswa Baru Unija Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 1.033 mahasiswa baru Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus, selama 5 hari ke depan sejak Senin (13/9/2021).

Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun akademik 2021/2022 itu, bertajuk “Mewujudkan Karakter Intelektual, Integritas dan Nasionalisme mahasiswa Menuju Merdeka Belajar”.

“Pemateri yang kami hadirkan, selain dari internal juga eksternal. Yang eksternal itu, di antaranya dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Keamanan serta KPK,” terang Rektor Unija Sumenep, Sjaifurrachman.

Ouput yang diharapkan pasca mengikuti PKKMB, mahasiswa baru mampu mewujudkan agar selalu siap mengikuti berbagai kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta memiliki pemahaman dan prestasi akademik sesuai dengan prodi yang ditekuni.

“Ini kesempatan luas bagi mahasiswa untuk berkarya, memperdalam dan meningkatkan wawasan, kompetensi, soft skill maupun hard skill,” katanya.

Pihaknya menyampaikan, berdasarkan klasterisasi PT Tahun 2020 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Unija berada pada peringkat 156 dari 2.136 PT negeri dan swasta seluruh Indonesia serta PTS terbaik se-Madura.

Pada pemeringkatan bidang kemahasiswaan PT non vokasi, Unija berada di peringkat 84 dengan total nilai 26,09. “Capaian ini karena adanya sistem dan sinergi yang baik seluruh civitas akademika. Saya harap dapat menjadi faktor penting bagi setiap mahasiswa untuk proses pembelajaran,” ujarnya.

Selain itu, Unija terus meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dapat dimanfaatkan bersama seluruh civitas akademika Unija dan masyarakat umum. Berdasarkan BAN PT, Unija telah terakreditasi “Baik Sekali” dan pada tahun 2021, telah memiliki 18 prodi.

Akreditasi prodi di Unija, sebagian besar telah terakreditasi B atau baik sekali dan untuk prodi Sarjana Hukum terakreditasi A.

Sjaifurrachman juga bepesan agar mahasiswa baru menjadi bagian generasi berkualitas dengan berkarakter kebangsaan. “Tunjukkan prestasimu pada dunia dan berbanggalah menjadi mahasiswa baru Unija,” tandasnya.(*)

Komentar