oleh

Resep Camilan: Bola Ubi Ungu Kopong yang Manis

PortalMadura.Com – Ingin membuat camilan anak-anak dari bahan ubi? Anda tidak perlu bingung. Karena ada bermacam-macam menu camilan atau kue yang bisa dibuat menggunakan ubi. Salah satunya yaitu bola ubi ungu kopong.

Ubi ungu bisa Anda beli di pasar. Ditambah bahan lainnya maka camilan untuk anak bisa Anda sajikan. Penasaran, bagaimana cara membuatnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

250 gram ubi ungu
65 gram tepung tapioka
30 gram tepung maizena
50 gram gula pasir
1 sdt baking soda
200 ml minyak goreng

Cara Membuat:

Kupas dan cuci bersih ubi. Kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, hancurkan dengan sendok atau garpu. Sisihkan.

Tambahkan tepung tapioka, gula, baking soda dan maizena kedalam ubi yang sudah lumat, uleni sampai kalis. Setelah itu, ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bulatan seperti bola dan sisihkan.

Panaskan minyak dengan api sedang, masukkan bola ubi, sambil diaduk agar seluruh permukaan ubi terkena minyak. Setelah permukaan bola ubi mulai berubah warna, tekan pelan, bolak balik, tekan berulang kali hingga berwarna kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
Sajikan bola ubi hangat-hangat.

Komentar