oleh

10 Bahan Makanan Ini Bisa Mengatasi Anemia

PortalMadura.Com – Kodisi yang Anda alami ketika sel darah merah atau hemoglobin tidak cukup di dalam tubuh merupakan anemia. Ketika hal ini terjadi, tubuh tidak mampu memompa cukup oksigen ke dalam darah.

Ada beberapa jenis anemia yang mungkin terjadi, namun kekurangan zat besi merupakan hal yang paling umum terjadi. Hal ini bisa muncul disebabkan karena pola makan yang buruk, menstruasi, atau kondisi kesehatan tertentu.

Bahkan ketika hamil membuat ibu hamil lebih rentan mengalami anemia. Hal ini tentu bisa sangat mengganggu kehamilan mereka karena efek samping dari anemia.

Untuk mengatasi masalah anemia ini, perubahan pola makan atau konsumsi suplemen bisa dilakukan. Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari The Health Site, berikut ini sejumlah makanan yang mampu mengatasi anemia.

Sayuran Hijau
Sayuran seperti bayam atau kale merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Sayangnya makanan ini juga memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi, kandungan yang mencegah penyerapan zat besi. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan ini bersamaan dengan kandungan kaya vitamin C.

Daging Merah
Daging merah atau secara khusus domba merupakan sumber non-vegetarian zat besi terbaik. Mengonsumsi daging dengan kandungan zat besi dapat membantu meningkatkan penyerapannya.

Hati
Salah satu sumber zat besi paling baik adalah hati. Selain kandungan zat besi, hati juga memiliki kandungan folat yang sangat baik. Bagian tubuh hewan lain yang juga kaya dengan zat besi adalah jantung dan ginjal.

Makanan Laut
Beberapa makanan laut seperti tiram, kerang, dan udang merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Hindari mengonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan zat besi dan kalsium secara bersamaan. Ketika dua kandungan ini bercampur, kemampuan menyerapnya jadi berkurang.

Loading...

Baca Juga: MH Said Abdullah Sebut Achmad Fauzi Calon Bupati Sumenep, Begini Keinginannya

Makanan dengan Tambahan Nutrisi
Makanan dengan tambahan nutrisi terutama zat besi seperti jus atau sereal bisa sangat berguna. Konsumsi makanan ini untuk meningkatkan asupan zat besi pada tubuhmu.

Kacang Polong
Kacang polong merupakan sumber yang tepat baik untuk vegetarian maupun yang bukan. Makanan ini memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan asupan zat besi.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian
Terdapat berbagai jenis kacang-kacangan yang kaya dengan zat besi. Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya dengan zat besi adalah biji labu, mete, serta pistachio.

Unggas
Walau memiliki kandungan zat besi lebih rendah dibanding daging merah, namun makanan ini tetap merupakan pilihan yang baik. Secara khusus, bebek merupakan unggas dengan kandungan zat besi paling baik.

Telur
Telur memiliki berbagai manfaat dalam tubuh termasuk memenuhi kebutuhan zat besi. Konsumsi makanan ini dengan roti gandum untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya. Hindari konsumsi makanan ini dengan teh atau kopi karena bisa menyerap kandungan zat besi di dalamnya.

Vitamin C
Salah satu nutrisi paling penting untuk mengatasi anemia adalah vitamin C. Walau tidak memiliki kandungan zat besi yang tinggi, makanan dengan kandungan vitamin C bisa membantu menyerap nutrisi ini dengan lebih maksimal.

Seluruh makanan tersebut memiliki manfaat yang sangat besar dalam mengatasi terjadinya anemia. Konsumsi secara teratur terutama pada Anda yang rentang dengan masalah ini.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com

Komentar