10 Cara Hemat BBM

Avatar of PortalMadura.com
10 Cara Hemat BBM
Ilustrasi (Merdeka.com)

PortalMadura.Com – Saat ini, ditengah pandemi covid-19 dan kondisi ekonomi yang semakin sulit menyebabkan banyak orang menghemat pengeluaran. Salah satunya yaitu hemat .

Melakukan aktivitas sehari-hari dengan kendaraan pribadi tentu harus pintar mengatur keuangan. Ada banyak cara yang yang bisa dilakukan jika ingin berhemat BBM.

10

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut caranya:

Isi di Pagi Hari

Pengisian BBM juga berpengaruh dalam efisiensi penggunaannya. Baiknya mengisi BBM dilakukan pada pagi hari sebab BBM yang berada di tempat penyimpanan SPBU masih dalam kondisi dingin. BBM yang dingin cenderung lebih kental dan isinya bisa lebih banyak.

Jangan Tunggu Tangki Kosong

Membiarkan tangki bensin sampai kosong merupakan kebiasaan buruk. Baiknya kurangi kebiasaan ini, sebab ini dapat merusak mesin kendaraan. Biasakan mengisi BBM saat volume bensin tinggal setengah.

Perhatikan Nominal

Hal penting selanjutnya yaitu perhatikan petugas SPBU. Kebiasaan petugas biasanya mempengaruhi jumlah isi bahan bakar yang diisikan. Mintalah petugas untuk tidak menekan tuas selang karena dapat mengubah jumlah takaran BBM yang diisi menjadi lebih sedikit tetapi nominal harganya lebih mahal.

Pakai Oktan Tinggi

Semakin tinggi oktan, maka proses pembakaran semakin baik. Artinya jika pembakaran sempurna, konsumsinya juga akan lebih efisien. Selain itu bahan bakar dengan oktan tinggi juga bagus untuk kesehatan mesin kendaraan

Usahakan Tidak Lewat Macet

Bagaimana digunakan juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Namun, terkadang cara berkendara juga dipengaruhi oleh kondisi jalanan seperti saat macet. Berkendara saat macet selain membuang waktu juga membuang bensin yang menyala lebih lama.

Atur Kecepatan

Semakin dalam menginjak pedal gas maka semakin besar pula bensin yang disemprotkan ke ruang pembakaran. Kecepatan tinggi dapat menyebabkan perputaran mesin yang tinggi dan menghabiskan banyak bensin.

Kecepatan terlalu rendah juga butuh menginjak pedal lebih dalam untuk menambah kecepatan dan konsumsi bahan bakar juga lebih besar. Usahakan melaju dengan kecepatan yang stabil.

Untuk mobil manual penggunaan gigi tinggi saat jalan menanjak dapat menguras bahan bakar lebih banyak, begitupun menggunakan gigi rendah secara terus menerus saat jalanan normal. Atur gigi kendaraan secara tepat agar tidak menyebabkan pemborosan bahan bakar kendaraan.

Mengurangi Penggunaan AC

Walaupun ini merupakan fungsi kenyamanan, tapi kalau prioritas utama Anda berhemat, mematikan AC adalah salah satu caranya. Penggunaan bahan bakar kendaraan otomatis berjalan selama AC mobil dinyalakan.

Sebaiknya tidak menyalakan AC ketika udara sedang sejuk untuk menghemat bahan bakar. Tidak hanya itu, jangan lupa mematikan AC sebelum kendaraan dimatikan, jadi saat mesin dinyalakan AC tidak langsung bekerja untuk ikut menyala juga.

Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban akan mempengaruhi performa mesin. Jika terlalu rendah, ban lebih sulit berputar dan mesin akan bekerja lebih berat yang tentunya juga membuat mesin membutuhkan lebih banyak asupan bahan bakar. Selalu periksa tekanan angin ban dalam kondisi sesuai standar.

Perhatikan Bobot Kendaraan

Dampaknya hampir sama dengan ban yang anginnya kurang, yaitu kebutuhan mesin bekerja lebih berat seiring bebannya bertambah. Apabila tidak penting, kurangi beban-beban yang diangkut oleh mobil anda.

Pakai Oli yang Tepat dan Rutin Perawatan

Penggunaan oli yang tepat dapat meminimalisir penguapan dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan sekitar 5%. Oli ini mampu melumas mesin secara maksimal dan efisien dalam menjaga keadaan mesin. Jangan lupa juga untuk secara berkala melakukan perawatan mesin agar kinerjanya tetap optimal.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.