oleh

10 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebab Munculnya Jerawat

PortalMadura.Com – Munculnya jerawat di wajah merupakan salah satu masalah terbesar bagi sebagian kaum hawa. Sebab, selain terkadang menimbulkan rasa sakit pada wajah, benjolan merah ini juga bisa mengurangi penampilan dan membuat penderitanya kurang percaya diri.

Sebenarnya, jerawat seringkali muncul karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Masalahnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari yang buruk dapat menyebabkan jerawat bertambah dan tidak hilang-hilang.

Maka dari itu, Anda perlu untuk memerhatikan kebiasaan buruk yang sering dilakukan tersebut agar jerawat tidak tumbuh lagi. Apalagi, kebanyakan orang saat ini hanya memikirkan bagaimana cara membasmi jerawat secepatnya dan melakukan berbagai perawatan. Sayangnya, mereka tidak menyadari bahwa menghindari kebiasaan sehari-hari yang buruk untuk kulit dapat menghilangkan jerawat.

Nah, berikut ini sepuluh kebiasaan buruk yang menjadi penyebab munculnya jerawat, melansir dari Liputan6.com, Minggu (22/12/2019):

Terlalu Sering Mencuci Muka

Kebiasaan buruk penyebab jerawat yang pertama adalah terlalu sering mencuci muka. Meskipun penting untuk menjaga kulit Anda agar tetap bersih, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat.

Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Sebagai gantinya, cuci muka di pagi hari saat bangun dan malam sebelum tidur. Saat mencuci muka, Anda bisa menggunakan air hangat atau air bersih, dan sabun pembersih wajah dengan formulasi yang ringan. Oleskan pembersih wajah menggunakan ujung jari dan pijat secara lembut. Hindari menggunakan kain waslap untuk menyeka wajah, karena berisiko menyebabkan iritasi kulit.

Terlalu Keras Menggosok Kulit

Menggosok kulit Anda dengan waslap atau exfoliant yang keras akan menyebabkan iritasi. Hal ini dapat memperburuk kulit dan merangsang pertumbuhan jerawat baru. Untuk mencegah jerawat, cucilah hanya dengan air hangat dan pembersih yang lembut.

Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar