oleh

10 Makanan yang Perlu Anda Hindari Agar Tak Sembelit

PortalMadura.Com – Sembelit (Konstipasi) merupakan kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Selain itu, kelainan pada pencernaan yang bisa mengakibatkan pengerasan pada feses sehingga sulit dibuang.

Meskipun sembelit bukan masalah yang serius, namun penderitanya akan mengalami kesakitan yang hebat saat BAB. Biasanya mengonsumsi makanan yang kurang serat menjadi alasan utama terjadinya konstipasi. Oleh karena itu, jangan konsumsi beberapa makanan ini agar Anda tidak sembelit. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

Pisang yang Belum Matang
Buah pisang memang sehat. Namun jangan mengonsumsinya yang belum matang. Sebab pisang yang belum matang tinggi pati yang kemudian bisa memicu sembelit.

Fast Food
Bagi sebagian besar orang, fast food termasuk ke dalam makanan favorit. Namun mengonsumsinya secara berlebih bisa menyebabkan Anda mengalami sembelit karena makanan ini tinggi garam dan lemak.

Daging Merah
Daging merah tinggi zat besi. Dan zat ini pula yang bisa memicu sembelit. Oleh karena itu Anda harus mengimbangi konsumsi daging merah dengan sayuran.

Makanan Bertepung
Konsumsi makanan bertepung secara berlebih akan menimbulkan efek samping negatif yaitu sembelit.

Loading...

Makanan Olahan
Makanan jenis ini mengandung gula olahan berlebih di dalamnya. Selain bisa meningkatkan risiko untuk terkena diabetes, kandungan gula yang berlebih ini juga bisa memicu sembelit.

Kopi
Kopi dikenal sebagai stimulan alami yang membantu meningkatkan energi di pagi hari. Namun, mengonsumsi kopi di pagi hari juga mempunyai efek samping yaitu menyebabkan konstipasi. Sebab konsumsi kopi berlebih bisa membuat kondisi usus jadi kering. Padahal usus harus terhidrasi dengan baik untuk membuat tinja bisa keluar dengan lancar.

Nasi Putih
Nasi putih mengandung serat yang lebih sedikit daripada nasi merah. Alhasil, mengonsumsinya secara berlebih akan meningkatkan risiko sembelit.

Produk Olahan Susu
Protein yang ada di dalam produk olahan susu akan memperlambat pergerakan usus yang pada akhirnya bisa berujung pada konstipasi.

Makanan Tinggi Lemak
Lemak memang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi dan membantu melindungi organ vital. Namun, jika di dalam tubuh terlalu banyak lemak jahat, maka tidak hanya kolesterol saja yang naik, namun juga risiko sembelit.

Alkohol
Ada baiknya Anda menghentikan kecanduan alkohol demi kesehatan. Sebab, lagi-lagi penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi alkohol yang terlalu sering akan membuat Anda dehidrasi dan risiko sembelit akan muncul. (merdeka.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar