oleh

10 Makanan yang Tak Boleh Anda Konsumsi Setelah Operasi

PortalMadura.Com – Setelah operasi tentunya seseorang akan merasa agak takut untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Hal itu wajar karena jika salah makan akan berbahaya bagi tubuh. Sehingga waktu pemulihan luka operasi akan semakin lama.

Meskipun Anda pasti mengonsumsi beberapa obat setelah operasi untuk pemulihan, sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan ini. Karena bisa berbahaya bagi tubuh. Lantas apa saja makanan yang dilakarang dikonsumsi pasca operasi?

Berikut penjelasannya:

Produk Susu
Jika Anda telah menjalani operasi perut, sebaiknya hindari produk susu dan keju. Makanan ini akan membuat Anda terus mengeluarkan air liur dan sembelit.

Makanan Manis
Sama seperti produk susu, makanan manis seperti kue dan permen juga sebaiknya dihindari setelah operasi. Meskipun terlihat menggugah selera, hampir semua makanan manis dapat menyebabkan sembelit, dan stres pada luka Anda.

Buah Kering
Buah-buahan kering harus ditinggalkan dari menu pemulihan pasca operasi. Terlalu banyak mengonsumsi buah kering dapat menyebabkan masalah pencernaan, kenaikan berat badan yang dapat menyulitkan saat Anda berdiri, serta gangguan gula dan komplikasi asma.

Alkohol
Setelah menjalani operasi, seringkali meninggalkan bekas luka. Nah, alkohol dapat menghambat proses perbaikan kulit Anda .

Alkohol juga memengaruhi kemampuan penyerapan nutrisi, serta menghambat pemulihan sel.

Loading...

Produk Kopi dan Kafein
Bahkan jika kopi disebut memiliki banyak manfaat kesehatan, minuman ini kurang membantu pasca operasi. Ketika Anda minum banyak kafein, tubuh Anda tidak dapat menyerap nutrisi dengan mudah.

Makanan Pedas
Ya, mungkin makanan rumah sakit membosankan dan hambar. Akan tetapi segala jenis operasi yang melibatkan perut, usus, atau kandung kemih, akan menyebabkan masalah kesehatan serius sehingga makanan pedas dapat menyebabkan iritasi, kembung, dan lainnya.

Makanan Tinggi Lemak
Makanan tinggi lemak bisa menyebabkan rasa sakit, diare, dan kembung. Ini tidak sebanding dengan ketidak nyamanan Anda setelah operasi.

Daging Merah
Serat daging dapat menyebabkan segala macam masalah perut dan sembelit.

Minuman Energi dan Soda
Setelah operasi, jika Anda tidak minum cukup air, tubuh akan menderita.

Untuk mengetahui berapa banyak air yang perlu Anda minum, cari tahu berat badan Anda dan bagi menjadi dua. Jumlahnya akan menunjukkan berapa yang harus Anda minum dalam sehari. Misalkan berat badan Anda 70 kilogram, Anda perlu minum sekitar 3,5 liter sehari.

Makanan Instan
Makanan instan penuh dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan sejumlah efek samping seperti kembung. Mengingat kondisi tubuh Anda sedang melemah, yang terbaik yaitu mengonsumsi wortel dan salad brokoli. (liputan6.com/Desy)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar