10 Penampungan Hewan Kurban Jadi Pantauan Dinas Peternakan

Avatar of PortalMadura.com
10 Penampungan Hewan Kurban Jadi Pantauan Dinas Peternakan
Petugas Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Sumenep saat mengecek kondisi hewan kurban (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Sedikitnya 10 penampungan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi pantauan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan setempat.

Sepuluh penampungan itu di antaranya di jalan Lontar Desa Pangarangan, jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Payudan Barat, Desa Pabian.

“Kami terus memantau kondisi kesehatan hewan kurban. Di Kecamatan Kota ada 10 lokasi yang menjadi pantauan kami secara berkala,” kata Kepala , Bambang Heriyanto, Rabu (7/8/2019).

Bambang menyampaikan, dari hasil pantauannya, semua hewan yang ada di sejumlah tempat penampungan atau penjualan itu relatif tidak ada masalah dalam kesehatannya. Hewan kurban, baik sapi maupun kambing siap dikurbankan.

“Semua hewan aman. Tidak ada hewan yang ditemukan mengalami sakit. Kalau pun ditemukan, kami pasti akan mengobatinya,” paparnya.

Baca Juga : Kronologi Dugaan Pembunuhan Pasangan Selingkuh di Bangkalan

Ia berharap, selain kesehatan, penyedia hewan kurban juga harus memerhatikan umur sebagai salah satu syarat hewan yang akan dikurbankan. Untuk sapi minimal berumur dua tahun dan kambing satu tahun serta tidak memiliki cacat fisik.

“Pembeli juga tentunya memerhatikan soal kesehatan dan umur hewan itu,” tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.