10 Tips Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Dipakai Mudik

Avatar of PortalMadura.com
10 Tips Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Dipakai Mudik
10 Tips Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Dipakai Mudik

PortalMadura.com-Lebaran Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang di Indonesia. Selain sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga, liburan panjang ini kerap dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman atau berwisata bersama keluarga.

Namun, perjalanan jarak jauh menggunakan mobil atau motor memerlukan persiapan dan perawatan ekstra agar kendaraan tetap dalam kondisi baik.

Berikut adalah beberapa cara merawat mobil atau motor setelah dipakai mudik Lebaran Idul Fitri 2023:

1. Periksa kondisi ban dan tekanan udara

Setelah menempuh jarak yang cukup jauh, sangat penting untuk memeriksa kondisi ban kendaraan Anda. Cek apakah ada tanda-tanda aus atau robek pada ban. Jika iya, segeralah ganti dengan ban yang baru.

Selain itu, pastikan juga tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Tekanan udara yang kurang atau berlebihan dapat membuat kendaraan sulit dikemudikan dan berisiko mengalami kecelakaan.

2. Bersihkan bagian luar kendaraan

Kendaraan Anda mungkin kotor dan terkena debu setelah menempuh perjalanan jauh. Oleh karena itu, segera bersihkan bagian luar kendaraan dengan sabun mobil dan air bersih.

Gunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bodi mobil atau motor.

Jangan lupa bersihkan juga bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti velg, knalpot, dan bagian bawah kendaraan.

3. Lakukan servis rutin

Setelah mudik, pastikan Anda melakukan servis rutin pada kendaraan Anda. Servis ini meliputi pergantian oli mesin, filter udara, dan filter oli.

Pergantian oli mesin sangat penting untuk menjaga kebersihan mesin kendaraan Anda dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa sistem pendinginan kendaraan, rem, dan suspensi agar tetap dalam kondisi baik.

4. Cek kelistrikan kendaraan Kelistrikan

Kendaraan juga perlu diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh. Pastikan semua lampu dan klakson berfungsi dengan baik.

Periksa juga aki kendaraan Anda. Jika aki sudah tua atau sering mati mendadak, segeralah ganti dengan aki yang baru agar kendaraan tetap dapat diandalkan.

5. Simpan kendaraan di tempat yang aman

Setelah semua perawatan dilakukan, pastikan kendaraan Anda disimpan di tempat yang aman dan terlindungi dari cuaca ekstrem seperti panas terik atau hujan deras.

Jangan biarkan kendaraan terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak cat dan komponen interior kendaraan.

Gunakan penutup kendaraan jika memungkinkan untuk melindungi kendaraan dari debu dan kotoran.

6. Periksa kondisi kaca mobil atau motor

Setelah menempuh perjalanan jarak jauh, kaca mobil atau motor dapat terkena serangan debu atau kotoran dari jalan. Hal ini dapat membuat pandangan pengendara menjadi kabur dan tidak jelas.

Oleh karena itu, periksa kondisi kaca kendaraan Anda dan bersihkan dengan cairan pembersih kaca agar pandangan Anda selalu jelas saat berkendara.

7. Cek keamanan kendaraan

Pastikan semua sistem keamanan pada kendaraan Anda berfungsi dengan baik setelah menempuh perjalanan jauh. Periksa kunci kontak, alarm, dan sensor parkir untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Jika ada kerusakan atau masalah pada sistem keamanan, segeralah perbaiki agar kendaraan Anda terhindar dari tindakan kriminal seperti pencurian atau pembobolan.

8. Periksa kondisi mesin

Setelah menempuh jarak yang cukup jauh, pastikan untuk memeriksa kondisi mesin kendaraan Anda. Per iksa kondisi mesin kendaraan Anda, mulai dari cek level oli mesin, air radiator, hingga pemeriksaan visual pada komponen-komponen mesin. Jika ditemukan kerusakan atau tanda-tanda keausan pada bagian-bagian mesin, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

9. Bersihkan bagian dalam kendaraan

Setelah membersihkan bagian luar kendaraan, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam kendaraan.

Buka semua pintu dan jendela mobil atau motor, lalu bersihkan karpet, jok, dan semua permukaan yang terdapat di dalam kendaraan dengan vakum atau kain lap.

Pastikan juga untuk membersihkan panel instrumen dan dashboard kendaraan Anda agar tetap terlihat bersih dan rapi.

10. Perawatan berkala

Terakhir, pastikan untuk melakukan perawatan berkala pada kendaraan Anda. Lakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrik, dan jangan lupa untuk mengganti bagian-bagian yang sudah aus atau rusak.

Perawatan berkala ini akan membantu memperpanjang usia kendaraan Anda dan menjaga performa kendaraan tetap optimal.

Dalam merawat mobil atau motor setelah dipakai mudik Lebaran Idul Fitri 2023, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti periksa kondisi ban, bersihkan bagian luar kendaraan, lakukan servis rutin, cek kelistrikan kendaraan, simpan kendaraan di tempat yang aman, periksa kondisi kaca mobil atau motor, cek keamanan kendaraan, periksa kondisi mesin, bersihkan bagian dalam kendaraan, dan lakukan perawatan berkala.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, kendaraan Anda akan tetap dalam kondisi baik dan nyaman untuk digunakan pada perjalanan selanjutnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.