oleh

166 Warga Sumenep Terjangkit Penyakit DBD

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencatat, sejak awal Januari hingga tanggal 11 Februari 2019, sebanyak 166 orang terjangkit penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Perinciannya, pada bulan Januari sebanyak 157 orang dan Februari sebanyak 9 orang.

“Sejak Januari hingga tanggal 11 Februari ini, total penderita DBD di Sumenep sebanyak 166 orang,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan, Pengendalian Penyakit Masalah Kesehatan Masyarakat, Dinkes Sumenep, Kusumawati, Kamis (21/2/2019).

Baca Juga: 970 Pendaftar PPPK di Sumenep Dinyatakan Lulus Administrasi

Menurutnya, dari 166 penderita DBD itu, sebanyak tiga penderita meninggal dunia. Mereka tersebar di Kecamatan Gapura, Dasuk dan Pragaan. Tiga penderita yang meninggal itu terjadi pada bulan Januari, sedangkan bulan Februari tidak ada.

“Kalau penyebaran penyakit DBD sejak Januari tetap, yakni di Kecamatan Kota, Pragaan dan Manding,” terangnya.

Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit DBD, pihaknya berharap agar masyarakat lebih memperhatikan kondisi kebersihan di lingkungan rumahnya. Seperti, menutup, menguras dan mengubur.

“Dengan 3M ini lebih efektif dalam menanggulangi penyakit DBD, dibanding fogging. Untuk itu lebih baik masyarakat membudayakan 3M itu,” tegasnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Desy Wulandari
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE