166 Warga Sumenep Terjangkit Penyakit DBD

Avatar of PortalMadura.com
166 Warga Sumenep Terjangkit Penyakit DBD
Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan, Pengendalian Penyakit Masalah Kesehatan Masyarakat, Dinkes Sumenep, Kusumawati (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencatat, sejak awal Januari hingga tanggal 11 Februari 2019, sebanyak 166 orang terjangkit . Perinciannya, pada bulan Januari sebanyak 157 orang dan Februari sebanyak 9 orang.

“Sejak Januari hingga tanggal 11 Februari ini, total penderita DBD di Sumenep sebanyak 166 orang,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan, Pengendalian Penyakit Masalah Kesehatan Masyarakat, Dinkes Sumenep, Kusumawati, Kamis (21/2/2019).

Baca Juga: 970 Pendaftar PPPK di Sumenep Dinyatakan Lulus Administrasi

Menurutnya, dari 166 penderita DBD itu, sebanyak tiga penderita meninggal dunia. Mereka tersebar di Kecamatan Gapura, Dasuk dan Pragaan. Tiga penderita yang meninggal itu terjadi pada bulan Januari, sedangkan bulan Februari tidak ada.

“Kalau penyebaran penyakit DBD sejak Januari tetap, yakni di Kecamatan Kota, Pragaan dan Manding,” terangnya.

Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit DBD, pihaknya berharap agar masyarakat lebih memperhatikan kondisi kebersihan di lingkungan rumahnya. Seperti, menutup, menguras dan mengubur.

“Dengan 3M ini lebih efektif dalam menanggulangi penyakit DBD, dibanding fogging. Untuk itu lebih baik masyarakat membudayakan 3M itu,” tegasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.