2 Cara Tepat Pertahankan Kebugaran Tubuh di Usia Tua

Avatar of PortalMadura.com
2 Cara Tepat Pertahankan Kebugaran Tubuh di Usia Tua
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tak dapat dipungkiri seiring bertambahnya usia, tubuh tidak lagi sebugar pada usia muda. Terlebih pada usia yang telah mencapai 40 tahun ke atas, pasti sangat sulit bukan mempertahankan kebugaran tubuh. Terkadang, tetap rutin berolahraga tak cukup untuk memertahankannya.

Menurut pelatih kesehatan bernama Kevin Heine, seiring bertambahnya usia, manusia biasanya mengalami penyusutan massa otot. Inilah yang membuat mereka sulit mempertahankan kebugaran tubuh.

“Kita kehilangan sebanyak 3 hingga 5 persen dari massa otot setiap dekade setelah usia 30, dan ini memiliki dampak signifikan pada metabolisme,” kata Heine.

Menurutnya, rutin berolahraga sangat membantu Anda untuk mepertahankan tubuh ideal. Alasannya, memiliki lebih banyak otot dapat meningkatkan metabolisme istirahat.

Bila Anda memiliki lebih banyak otot, Anda tidak hanya membakar lebih banyak kalori saat berolahraga. Tapi juga membakar lebih banyak kalori saat dalam keadaan istirahat. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, metabolisme tubuh juga mengalami penurunan kecepatan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan kebugaran tubuh menurut Heine.

Menjaga Massa Otot
Namun, Anda tak perlu cemas terlebih dahulu. Sebab Anda bisa meningkatkan metabolisme istirahat dengan meningkatkan massa otot. Heine merekomendasikan agar mempraktikan latihan kekuatan pada rutinitas mingguan.

American College of Sports Medicine merekomendasikan latihan kekuatan setidaknya dua kali per minggu dengan diselingi beberapa waktu istirhat.

Latihan kekuatan identik dengan latihan beban. Tapi, ini bukan berarti harus melakukan olahraga seperti binaragawan ya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun otot dengan menggunakan dumbel di rumah, resistance bands, atau tanpa memakai alat apapun.

Bila Anda tidak terlalu rutin berolahraga di usia 20an atau 30an, Heine menyarankan untuk memulai dengan olahraga ringan, seperti jalan cepat atau menaiki tangga.

Baca juga : Dua Mobil Tangki Pertamina Dibajak Orang Tak Dikenal

Menjaga aliran darah juga sangat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan kondisi lainnya seiring bertambahnya usia.

Menurut Heine, hal penting dalam olahraga adalah menemukan sesuatu yang disukai.
“Jika kamu membencinya, kamu tidak akan melakukannya dengan rutin. Cobalah untuk menemukan aktivitas yang meningkatkan detak jantung, membangun otot dengan cara yang membuat kita senang,” tambahnya.

Diet Seimbang
Nutrisi juga memainkan peran penting untuk tetap bugar setelah usia 40 tahun. Dengan kata lain, Anda harus mengonsumsi makanan seimbang yang meliputi protein, lemak sehat, karbohidrat dalam jumlah yang lebih kecil, juga mengonsumsi mineral dan vitamin dari buah-buahan dan sayuran.

“Ketika kamu mengerahkan energi, kamu ingin memastikan bahwa kamu mengembalikan kalori itu dan mengembalikan komponen nutrisi dengan cara yang paling bermanfaat bagi tubuh,” katanya.

Untuk memulai rutinitas latihan kekuatan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau bekerjasama dengan pelatih kebugaran Anda ya. Semoga Bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.