2 Manfaat Tea Tree Oil untuk Hilangkan Ketombe

Avatar of PortalMadura.com
2 Manfaat Tea Tree Oil untuk Hilangkan Ketombe
Ilustrasi (Beureum)

PortalMadura.Com – Masalah rambut yang kerap dikeluhkan banyak orang yaitu . Selain akan mengalami rasa gatal, ketombe juga bisa mengganggu penampilan lantaran jatuhnya serpihan putih kecil dari kulit kepala.

Nah, jika ketombe yang Anda alami itu tidak kunjung hilang, coba pakai . Pasalnya, bahan ini dipercaya bisa mengurangi bahkan menghilangkan ketombe yang sering membuat kulit kepala gatal.

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain ketika menggunakan tea tree oil. Berikut beberapa khasiatnya:

Meredakan Gatal dan Tanda Ketombe Lainnya
Jika biasanya tea tree oil kerap dipakai untuk mengatasi jerawat di wajah, kini Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan ketombe yang membandel di rambut.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Clinical Microbiology Reviews, menemukan bahwa shampoo dengan kandungan 5 persen tea tree oil berhasil mengurangi jumlah ketombe di rambut sebanyak 78 persen. Secara otomatis, rasa gatal, iritasi, dan kering pada kulit kepala pun berangsur-angsur mulai hilang.

Mengurangi Pertumbuhan Jamur di Kulit Kepala
Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab ketombe. Mulai dari kulit kepala yang berminyak, kering, kotor, hingga adanya pertumbuhan jamur yang disebut malassezia. Ya, malassezia adalah jamur yang sebenarnya ada di kulit kepala semua orang.

Hanya saja, pada beberapa orang jumlah jamur ini bisa sangat banyak sehingga mengakibatkan munculnya ketombe. Hal ini biasanya terjadi karena kurang menjaga kebersihan pribadi, seperti jarang atau malas keramas.

Penggunaan tea tree oil maupun produk dengan kandungan bahan tersebut, terbukti efektif untuk mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Manfaat tea tree oil untuk menghilangkan ketombe bisa Anda peroleh dengan memakai sampo yang mengandung bahan alami ini, maupun mencampurkan 5-10 tetes minyak esensial tea tree oil ke dalam botol sampo Anda. Gunakan seperti biasa seperti sampo pada umumnya saat Anda keramas.

Baca Juga: 7 Kegunaan Tea Tree Oil Bagi Kecantikan Rambut

Sama seperti sampo pada umumnya, segera bilas sampai bersih bila sampo tidak sengaja mengenai mata. Kadang kala, tea tree oil bisa menimbulkan alergi. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan uji tempel terlebih dahulu di bagian tubuh lain sebelum menggunakan tea tree oil dalam bentuk minyak esensial. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.