2014, 5 Warga Sumenep Terjangkit HIV

Avatar of PortalMadura.Com
Kurniadi Wijaya
dok. Kurniadi Wijaya

PortalMadura.Com, – Selama tahun 2014, sedikitnya lima warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terjangkit penyakit HIV. Mayoritas para penderita tidak merasa jika mengidap virus mematikan tersebut.

“Baru diketahui jika terjangkit HIV saat donor darah di PMI,” terang Kurniadi Wijaya, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumenep, Kamis (4/12/2014).

Kepastian jika ada warga Sumenep yang terjangkit HIV setelah pihaknya menerima hasil lab yang dikeluarkan oleh PMI Pusat.

“Deteksi awal memang sudah terindikasi HIV. Untuk memastikan, kami mengirim sample darah ke PMI Pusat. Kalau sudah ada surat resmi dari PMI Pusat, baru kami melakukan langkah-langkah antisipasi penularannya,” ujarnya.

Setiap tiga bulan, sambungnya, yang bersangkutan diberi semangat hidup dan pembinaan. “Semisal, kalau berhubungan dengan keluarganya harus menggunakan kondom, penularan juga bisa melalui jarum suntik. Ini yang selalu kami ingatkan kepada penderita,” katanya.

Penderita penyakit HIV yang terdeteksi di Sumenep sudah mencapai 12 orang dan 8 diantaranya telah meninggal dunia. “Penderita HIV, mayoritas pernah bekerja di luar daerah,” pungkasnya.(htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.