2018, Desa Semaan Dasuk Dinobatkan Sebagai Kampung Seni

Avatar of PortalMadura.com
2018, Desa Semaan Dasuk Dinobatkan Sebagai Kampung Seni
dok. Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto

PortalMadura.Com, – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berencana menobatkan Desa Semaan Kecamatan Dasuk sebagai pada tahun 2018.

“Ada banyak program yang akan kami lakukan pada tahun 2018 terutama di bidang pariwisata, di antaranya akan menjadikan Desa Semaan sebagai Kampung Seni,” kata Kepala , Sufiyanto, Kamis (19/10/2017).

Menurut Sofi, rencana penetapan Kampung Seni di Desa Semaan itu memiliki alasan yang kuat, yakni embrio sejumlah kesenian tradisional di Sumenep muncul dari desa tersebut. Salah satunya seni topeng dalang, ludruk dan karawitan.

“Makanya kami akan mengukuhkan desa itu sebagai Kampung Seni. Karena sampai saat ini potensi seni tradisional di sana tetap terjaga kelestariannya,” ucapnya.

Ia menegaskan, setelah penobatan Kampung Seni itu terealisasi, di desa tersebut akan ditampilkan sejumlah seni tradisional secara berkala. Sehingga jika ada wisatawan mancanegara yang berkunjung akan ditampilkan berbagai seni budaya khas Sumenep.

“Nanti kami kemas setiap ada wisatawan yang berkunjung ke sana dan akan ada momen tertentu juga yang akan menampilkan seni budaya,” terangnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga mencanangkan Desa Pakandangan sebagai Kampung Batik dan Desa Aeng Tongtong sebagai Kampung Keris pada tahun 2018.

Baca: 2018, Pakandangan Sumenep Dinobatkan Sebagai Kampung Batik

“Saat ini kami sedang menata segala persiapan di sejumlah titik yang akan menjadi wilayah kebudayaan tersebut,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.