2018, Tanaman Tembakau di Sumenep Baru Capai 50 Persen

Avatar of PortalMadura.com
2018, Tanaman Tembakau di Sumenep Baru Capai 50 Persen
Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumenep, Abdul Hamid (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Target ploting areal tanaman tembakau 2018 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebanyak 21.893 hektare. Namun, hingga saat ini baru mencapai 50 persen.

“Tapi para petani tembakau masih terus menanam. Setiap hari terus bertambah,” kata Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumenep, Abdul Hamid, Kamis (12/7/2018).

Ia menyampaikan, belum terealisasi 100 persen ploting areal tembakau lantaran musim kemarau datang dengan tiba-tiba. Akibatnya, banyak lahan yang tidak bisa ditanami tembakau dan persediaan air juga minim.

“Petani tembakau lambat menyimpan air untuk pengairan tanam tembakau. Karena di Sumenep ini banyak petani yang masih menggunakan air hujan untuk mengairi tanaman tembakau,” ujarnya.

Ia menegaskan, dari target ploting areal tembakau tahun 2018 diproyeksikan akan menghasilkan tembakau sebanyak 14 ribu ton dengan perkiraan 600 kwintal per hektarenya.

“Tapi kalau tanamam tembakau tidak sampai memenuhi target ploting areal, maka diperkirakan hasil tembakau juga tidak sampai target,” tegasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.