24 Wartawan Ikut UKW di Sumenep

  • Bagikan
24 Wartawan Ikut UKW di Sumenep
Suasana saat para wartawan mengikuti UKW (Foto: Taufikurrahman PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 24 orang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Sumenep, Madura, Jawa Tinur, Kamis (9/12/2021).

UKW diselenggarakan LKBN Antara bekerjasama dengan PT. Kangean Energy Indonesia (KEI). UKW dijadwalkan berlangsung dua hari, 9-10 Desember 2021.

“Dengan kegiatan (UKW), bagaimana 24 peserta ini bisa menerapkan ilmunya di masyarakat. Syukur-syukur kompeten semua,” kata Direktur LKBN Antara, Akhmad Munir, pada pembukaan UKW di Sumenep melalui daring.

Menurutnya, wartawan harus menjadi guru besar bagi masyarakat dengan menerapkan ilmu kewartawanan (jurnalisme) yang akan dilalui selama dua hari kedepan.

“Selamat mengikuti UKW, semoga sukses dan kompeten,” harapnya.

Pria kelahiran Sumenep ini menyampaikan selamat bertugas kepada tim penguji UKW dan menikmati hidangan khas Sumenep.

“Yang terpenting adalah jangan lupa sambangi masjid Agung Sumenep. Kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung,” katanya, seraya mempromosikan potensi Sumenep.

Sementara Bupati Sumenep, Achmad Fauzi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumenep, Verdian Tetrajaya mengharapkan, pasca mengikuti UKW, wartawan yang bertugas di Sumenep dapat menjalankan tugas dengan baik dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Jalankan tugas wartawan sebagaimana mestinya. Jangan suka mencari kesalahan orang lain,” katanya.

Profesi wartawan, kata dia, samahalnya dengan kuliah yang mengedepankan etika jurnalistik sebagaimana diatur dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Hal lain, bagaimana wartawan itu tidak hanya menulis berita melainkan mengedapankan keseimbangan dan fakta yang disajikan pada publik,” tandasnya.(*)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.