oleh

25 Desa di Bangkalan Alami Kekeringan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Sedikitnya 25 desa mengalami kekeringan di wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Ke 25 desa itu tersebar di 12 kecamatan di wilayah itu. Hari ini, Senin (23/7/2018) pemerintah daerah setempat menyalurkan 5 tangki air bersih.

“Pemberian bantuan air bersih ini sebagai bentuk perhatian dan respon pemerintah terhadap daerah yang terdampak kekeringan,” kata Penjabat Bupati Bangkalan, I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh, dilansir¬†bangkalankab.go.id.

Ia mengaku sudah ada sejumlah kecamatan yang melaporkan kekurangan air bersih. Maka, melalui BPBD dan Dinas Sosial, pihaknya merespon permintaan pendistribusian air bersih tersebut.

Bahkan ada yang melaporkan berstatus rawan kering kritis. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bangkalan menyatakan status tanggap darurat bencana kekeringan.

Untuk pendistribusian air bersih, pihak BPBD telah memetakan dan segera melakukan droping air bersih pada daerah yang kekurangan air bersih agar dampaknya tidak meluas.

Menurutnya, solusi jangka panjang adalah mendorong pemerintah desa untuk menyisihkan sebagian dana desa agar mencari solusi kekeringan.

“Nanti kita dorong melalui camat agar dalam setiap musrembang diusulkan pembuatan tandon air atau bisa juga mencari titik sumber air,” tandasnya.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah daerah telah memasuki musim kemarau. Dampaknya, kemarau yang akan berlangsung hingga September 2018 itu akan mengalami kekeringan.

Adapun 25 desa di 12 kecamatan yang mengalami kekeringan, antara lain, Kecamatan Konang di Desa Galis Dejeh, Sen Asen dan Desa Genteng. Kecamatan Kokop di Desa Tramok dan Lembung Gunong. Kecamatan Geger di Desa Bayonneng Laok.

Selain itu, Kecamatan Tanjung Bumi di Desa Larangan Timur. Kecamatan Sepuluh di Desa Gangsean dan Desa Saplasah. Kecamatan Klampis di Desa Bragang, Lergunong dan Desa Larangan Glintong. Kecamatan Arosbaya di Desa Glaga, Karang Duwek, dan Desa Pandan Lanjang.

Sedangkan Kecamatan Tragah di Desa Bajeman, Tambin dan Soket Dajah. Kecamatan Tanah Merah di Desa Batangan. Kecamatan Galis di Desa Tlagah dan Separah. Kecamatan Kwayar di Desa Morombuh Ketetang dan Desa Gunong Sereng dan Kecamatan Modung di Desa Kedungdung.(Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar