3 Aktivitas Sederhana untuk Asah Kemampuan Motorik Halus Anak

Avatar of PortalMadura.com
3 Aktivitas Sederhana untuk Asah Kemampuan Motorik Halus Anak
Ilustrasi (Blog Ruangguru)

PortalMadura.Com merupakan kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dengan koordinasi antara mata dan tangan. Motorik halus membantu anak melakukan aktivitas seperti menggunting, tepuk tangan, membuka kancing atau yang lainnya.

Kombinasi antara keterampilan motorik halus dengan koordinasi mata tersebut bisa membantu proses belajar anak. Nah, untuk mengasah kemampuannya itu, Anda perlu melibatkannya dalam suatu kegiatan.

Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Menggambar dan Mewarnai Bersama
Menggambar dan mewarnai membutuhkan koordinasi antara gerak tangan dalam menggerakan pensil dengan mata. Awalnya anak akan belajar bagaimana menggenggam dan memegang alat gambar. Kemudian, matanya akan mengarahkan tangan dalam membentuk suatu gambar. Selain melatih keterampilan motorik halus anak, aktivitas ini juga meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak.

Berkebun dan Memasak Bersama
Siapa bilang berkebun itu kegiatan untuk kakek nenek?. Jangan salah, anak-anak juga bisa melakukan kegiatan ini, bahkan membantu melatih koordinasi antara tangan dengan mata.

Si kecil bisa membantu Anda menggali tanah dengan jari atau sekop kecil, memindahkan bibit tanaman ke dalam lubang tanah, menyiram, dan menggunakan penjepit untuk mengambil bibit tanaman.

Baca Juga: Bunda, Ini 7 Tips Efektif Bikin Anak Suka Berkebun

Selain berkebun, Anda juga bisa mengajak si kecil membantu menyiapkan makanan, seperti mencampur, menuang, mengaduk, atau menuangkan bahan masakan.

Bermain Plastisin, Gunting, dan Tempel Kertas
Permainan yang sederhana ini bisa membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Saat si kecil memegang plastisin, ia akan menggerakan tangannya dengan lincah, seperti meremas, meregangkan, menggulung, dan menekan.

Pilih karakter atau benda di sekitar anak yang mudah dibentuk, seperti membentuk bola yang bulat, wadah kue yang segitiga, atau televisi yang persegi panjang.

Baca Juga: Moms, Ini Dia 3 Cara Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak

Permainan bisa dilanjutkan dengan alat dan bahan yang mudah, seperti kertas dan gunting. Pilih gunting khusus kertas yang berukuran kecil supaya memudahkan si kecil untuk menggunakannya. Setelah kertas dibentuk, tempelkan potongan kertas di kertas lainnya. Selain menggunting, kertas yang tersedia bisa mengajari anak melipat kertas membentuk perahu atau pesawat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.