3 Alasan Kenapa Mobil Harus di Tune Up Secara Rutin

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Tune up merupakan service ringan yang dilakukan pada mesin kendaraan sehingga peforma tetap baik dan tidak menurun. Sehingga sudah menjadi kewajiban pemilik mobil untuk melakukan hal itu.

Tujuan dilakukannya yaitu agar peforma mesin bisa tetap maksimal. Selain itu ada beberapa tujuan lainnya yang dilakukan dalam proses tune up mobil, antara lain yaitu:

1. Memaksimalkan peforma mesin agar tetap optimal

2. Menghindari resiko kerusakan yang lebih parah

3. Memastikan kondisi dari komponen dan semua sistem baik sesuai dengan ada yang di buku manual

Jika dilakukan secara rutin, maka fungsi tune up ini nantinya peforma mobil menjadi lebih baik lagi seperti mobil baru. Selain itu tujuan tune up dilakukan agar menjadi mesin tetap awet digunakan dan terhindari dari resiko kerusakan yang lebih parah lagi.

Umumnya, tune up ini dilakukan setiap mobil menempuh jarak 10.000 km atau jika anda melihat tanda-tanda mobil butuh tune up. Proses tune up ini biasanya dilakukan pada bagian mesin saja dan tidak sampai pada bagian daya kelistrikan, pemindah daya, dan chasis.

Sebenarnya ada cara tune up sendiri yang dapat dilakukan pemilik mobil. Namun, akan lebih baik jika melakukan perawatan mobil ini di bengkel. Hal ini karena mobil anda akan ditangani langsung oleh teknisi yang ahli serta peralatan yang lengkap.

Tune up ini dimulai dari memeriksa kondisi busi, celah katup, komponen karburator mobil, baterai, kabel tegangan tinggi, distributor, sistem pendingin, saringan udara, putaran idle, penyetelan campuran, hingga ke bagian tali kipas.

Umumnya sebelum dilakukan tune up, maka mekanik akan melakukan pemanasan mesin mobil untuk mengetahui apakah ada permasalahan lainya pada mobil, misalnya saja suara-suara yang tidak normal, mesin pincang, dan lainnya.

Dalam melakukan pemeriksaan, akan dilakukan pengukuran serta pencocokan menurut standar dari pabrik mobil.
Nah itu tadi tujuan tune up mobil yang dilakukan secara rutin. Jangan biarkan mobil anda hanya digunakan tanpa membutuhkan perawatan, karena sama dengan merusak komponen dan sistem di dalam mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. (showroommobil.co.id/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.