3 Bahaya Karang Gigi, Nomor 3 Menakutkan

Avatar of PortalMadura.com
3 Bahaya Karang Gigi, Nomor 3 Menakutkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain menimbulkan masalah kesehatan pada rogga mulut, yang dibiarkan menumpuk juga berpengaruh besar terhadap kesehatan organ tubuh lainnya. Benarkah?.

Bahkan, jika dibiarkan berlarut-larut bisa sampai menyebabkan serangan jantung. Lantas, apa saja bahaya membiarkan karang gigi menumpuk?.

Berikut tiga bahayanya:

Gigi Goyang
Karang gigi yang menumpuk akan memicu peradangan pada gusi yang disebut gingivitis. Peradangan yang semakin parah dapat menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah.

Gingivitis yang tidak segera ditangani akan menjadi periodontitis. Pada kondisi ini, peradangan sudah menjalar hingga ke tulang penyangga gigi dan dapat menyebabkan gigi goyang.

Bau Mulut (Halitosis)
Salah satu pencetus terjadinya bau mulut adalah penumpukan karang gigi. Hal ini terjadi karena endapan sisa-sisa makanan yang tidak tersikat saat menggosok gigi sehingga terjadi pembusukan di dalam mulut.

Penyakit Jantung
Membersihkan karang gigi bukan hanya berdampak pada kesehatan gigi, tetapi dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung karena mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan.

Selain itu, peradangan pada gusi lebih rentan terjadi pada penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes harus rajin merawat kebersihan gigi dan mulut agar tidak memperburuk keadaan.

Untuk mencegah karang gigi, jangan lupa untuk menggosok gigi dua kali sehari dengan cara yang tepat. Pembersihan pada sela-sela gigi dapat dilakukan menggunakan dental floss. Lakukan juga pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.