3 Bahaya Sakit Perut Sebelah Kiri bagi Janin Saat Hamil Muda

Avatar of PortalMadura.Com
3 Bahaya Sakit Perut Sebelah Kiri bagi Janin Saat Hamil Muda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Nyeri perut seringkali dirasakan oleh ibu selama masa kehamilan berlangsung dan ini merupakan hal normal terutama semakin dengan bertambahnya usia kehamilan maka janin akan semakin membesar demikian juga ukuran kantong kehamilan.

Sakit perut sebelah kiri atau kram saat hamil pada trimester pertama merupakan suatu kondisi yang perlu perhatian lebih. Namun, tak dipungkiri ada beberapa penyebab kram perut yang membahayakan.

Jika tidak dilakukan penanganan secepatnya, maka keguguran bisa saja terjadi pada ibu hamil. Oleh karena itu, berikut ini telah merangkum beberapa informasi penting terkait .

Penyebab sakit perut sebelah kiri saat hamil

sakit perut sebelah kiri saat hamil muda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sakit perut sebelah kiri saat hamil muda memang ada yang patut diwaspadai, ada juga yang tidak. Sakit perut kiri bawah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti kista ovarium, endometriosis, infeksi tuba falopi atau salurang telur dan ovarium atau indung telur, ada riwayat trauma atau cedera, infeksi atau batu ginjal, kram perut.

Baca Juga : Bumil, Ini 5 Cara Jitu Redakan Sakit Punggung Saat Hamil

Ibu hamil secara otomatis memperoleh peningkatan tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Untuk mendukung perkembangan rahim, tubuh akan meregangkan jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang.

Hal ini disebabkan peningkatan hormon progesteron, sehingga otot perut lebih rileks dan lebih lambat mencerna makanan. Kadang tak hanya terasa pada perut, namun juga dapat menjalar di bagian punggung dan dada.

Berhubungan seks dan orgasme dapat menyebabkan kram perut saat hamil, yang kerap diikuti dengan sakit pinggang ringan. Hal ini terjadi karena vagina dan rahim berdenyut saat orgasme dan dapat meninggalkan rasa kram perut setelahnya.

Gejala yang dirasakan

Jika merasakan rasa sakit pada perut yang teramat sangat dan tiada henti, maka Anda harus segera melakukan pengecekan lebih lanjut ke dokter.

Waspadailah kram perut yang menimbulkan gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil, keluar cairan abnormal atau flek atau darah dari vagina, muntah, demam atau menggigil. Meskipun membuat khawatir, pegal-pegal pada bagian perut yang dirasakan saat hamil muda juga wajar terjadi karena ada perubahan hormon selama kehamilan.

Lebih baik periksakan ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk mencari sebab masalah dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri saat hamil

sakit perut sebelah kiri saat hamil

Meski tergolong normal, kram perut saat hamil bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk membantu mengatasinya, ada beberapa hal yang yang dapat dilakukan. Hindari untuk melakukan gerakan tiba-tiba saat kram perut, bungkukkan badan ke arah sumber sakit untuk membantu melegakan.

Jangan lupa, minum air yang cukup karena dehidrasi bisa memicu timbulnya kontraksi palsu. Jika rasa sakit karena gas di saluran cerna, cobalah untuk menggerakan tubuh atau melakukan olahraga khusus ibu hamil. Kemudian, akhiri dengan mandi air hangat. Atau dapat dikompres dengan air hangat pada bagian perut yang terasa nyeri.

Bila kram perut saat hamil terjadi setelah berhubungan seks, cobalah untuk memijat punggung dengan lembut. Selanjutnya, lakukan hubungan seks saat hamil dengan lembut dan perlahan. Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai sakit perut sebelah kiri saat hamil muda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.