oleh

3 Cara Ajari Anak di Era Digital

PortalMadura.Com – Di tengah kemajuan teknologi, tentu setiap orang tua ingin membesarkan anak-anaknya untuk menjadi orang yang cerdas dan fokus. Di era yang banyak gangguan digital seperti sekarang ini, orang tua memang perlu berhati-hati dalam mendidik atau mengajari si kecil tentang berbagai hal.

Bahkan, Steve Jobs dan Bill Gates pun membatasi waktu penggunaan teknologi bagi anak-anak mereka. Untuk itu, orang tua perlu memahami bahwa tidak apa-apa untuk menempatkan anak sebagai penanggung jawab. Hal tersebut adalah cara untuk mereka belajar memahami perilaku mereka sendiri.

Nah, berikut ini tiga cara mengajari anak di tengah kemajuan teknologi atau era digital, dikutip liputan6.com dari CNBC:

Ajari Mereka di Usia Muda

Saat ini sulit menghindari anak-anak dari penggunaan teknologi. Maka dari itu, orang tua dapat menjelaskan bahwa ada begitu banyak waktu yang bisa dinikmati, selain menggunakan gadget. Menghabiskan waktu terlalu banyak dengan aplikasi berarti lebih sedikit waktu untuk bermain dengan teman-teman dan orang tua.

Skeptisisme

Pada dasarnya, perusahaan teknologi dirancang untuk membuat anak-anak terpikat dan terbiasa menggunakan teknologi. Penting bagi anak-anak untuk memahami motif perusahaan permainan dan jejaring sosial.

Loading...

Perlu orang tua juga pahami bahwa perusahaan termotivasi untuk membuat anak-anak menghabiskan waktu menonton. Itu menjadi hal penting dalam pengajaran literasi media.

Baca Juga: Mau Anak Anda Jadi Survivor di Era Digital? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini, Bunda

Diskusi

Dari dua cara di atas, paling penting juga adalah melibatkan anak dalam percakapan dan membantu mereka menetapkan aturan sendiri. Ketika orang tua menetapkan aturan tanpa melibatkan mereka, anak-anak bisa saja menjadi kesal.

Setiap keluarga penting untuk mengadakan diskusi tentang peran teknologi yang dimainkan di dalam keluarga. Sama halnya dengan keluarga lain yang memiliki perdebatan dan itu hal yang wajar.

Sebenarnya, untuk menggunakan teknologi adalah tanggung jawab bagi pengguna. Tapi penting bagi orang tua untuk menyadari anak-anaknya bahwa produk teknologi dirancang untuk hal-hal positif.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar