3 Cara Bedakan Bensin Asli dan Oplosan

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Bedakan Bensin Asli dan Oplosan
Ilustrasi (Radar Bromo)

PortalMadura.Com menjadi momok tersendiri bagi para pengendara. Hal ini biasanya terjadi di penjual eceran. Oleh karena itu, pengendara perlu hati-hati jika membeli bensin eceran.

Selain berisiko merugikan pengendara juga akan merusak komponen kendaraan. Sehingga pengendara harus bisa tahu bedanya bensin asli dan oplosan. Lantas bagaimana cara membedakannya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip Federal oil, berikut ini penjelasannya:

Menggunakan Jari Tangan

Jari tangan bisa digunakan sebagai media untuk menguji sebuah bensin. Carannya sederhana, hanya perlu memasukan bagian tubuh kalian tersebut ke dalam bensin yang dijual.

Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana penguapan yang terjadi pada bahan bakar di jari Anda. Jika mendapati bensin cepat hilang atau mengering, maka hal tersebut adalah tanda kalau bahan bakar tersebut murni.

Apabila sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah indikator Anda mendapatkan bensin oplosan. Mungkin percobaan ini terlihat absurd, namun perlu Anda ketahui bensin merupakan benda yang cepat menguap. Maka dari itu, tempat penyimpannya di motor Anda dibuat rapat dan kedap udara.

Koran Bekas Juga Bisa Jadi Alternatif

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk menguji hal ini adalah dengan media koran. Mungkin kalian akan bertaya-tanya bagaimana bisa, dan caranya seperti apa? Penggunaan koran untuk mengetahui mana bensin oplosan dan murni adalah dengan melihat tulisan yang ada di benda tersebut bisa dibaca atau tidak.

Maksudnya, ketika bensin telah dicampur, akan menjadikan sebuah tulisan di koran luntur. Pasalnya, kebanyakan pengoplos mengunkan minyak tanah sebagai bahan campuran. Dan tinta di koran tidak tahan dengan bahan tersebut.

Sedangkan ketika masih bisa dibaca, maka hal tersebut adalah tanda bahan bakar itu benar-benar murni.

Memperhatikan Warnanya

Masih tentang cara membedakan bensin yang ori atau oplosan. Memperhatikan warna pada bahan bakar yang dijual juga bisa menjadi solusi bagi Anda. Meski diperlukan pengamatan yang sangat cermat, namun bila kalian kerap mengisi bahan bakar di SPBU, pasti mudah untuk membedakannya.

Pada umumnya, bensin yang asli akan berwarna bagus kalau premium ya kuning cerah, pertalite hijau, sedangkan pertamax merah layaknya sirup dan biru tua untuk yang 92.

Nah, bila menemukan selain warna tersebut saat mengisi bensin di pengecer, bisa dipastikan kalau itu adalah bensi oplosan. Satu lagi, semua bensin yang asli tidak akan meninggalkan banyak edapan di dasar botol. Bahan bakar tersebut selalu bening tanpa terkontaminasi bahan lain.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.