oleh

3 Cara Bikin Anak Betah di Lingkungan Barunya Saat Pindah Rumah

PortalMadura.Com – Pindah rumah bagi orang dewasa mungkin menjadi hal biasa. Akan tetapi bagi sebagian anak, aktivitas ini adalah hal yang menakutkan. Mengapa demikian?. Sebab, mereka harus meninggalkan rumah yang sudah lama ditempatinya sekaligus teman-temannya.

Di rumah yang baru, mereka harus berjuang dan beradaptasi. Tidak heran, bila anak mendadak menjadi orang yang penakut dan pencemas. Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan, jangan biarkan si kecil terus-menerus merasa khawatir di lingkungan barunya. Untuk itu, orang tua harus bisa membantunya untuk menghadapi proses adaptasi

Nah, untuk mengatasi hal tersebut berikut ini tiga cara membuat anak betah di lingkungan barunya saat pindah rumah, dilansir suara.com yang mengutip dari laman Todays Parent:

Ajak Anak Berkenalan dengan Tetangga Baru

Ketika selesai beres-beres rumah baru, orang tua bisa mengajak si kecil keluar rumah untuk berkenalan dengan para tetangga baru. Hal ini perlu dilakukan agar anak tidak enggan untuk ke luar rumah, atau tidak memilih mengurung diri.

Selain itu, dengan mengajak anak ke luar rumah bisa punya kesempatan buat si kecil untuk berkenalan dengan teman sebaya di lingkungannya yang akan menjadi teman mainnya. Tidak usah semua rumah di kompleks Anda kunjungi, cukup 3 rumah di sebelah kanan, 3 rumah di sebelah kiri, dan 3 atau 4 di depan rumah Anda.

Loading...

Buat Acara Syukuran dan Undang para Tetangga

Membuat acara syukuran saat pindah rumah adalah hal yang wajar dan bisa menjadi salah satu cara agar anak betah di rumah barunya.

Selain mengundang tetangga di sekitar rumah baru, Anda juga bisa mengundang beberapa tetangga lama yang dekat dan sanak saudara. Kedatangan teman-teman dan saudara ke rumah baru akan membuat anak merasa terhibur dan melupakan kesedihannya. Kehadiran mereka juga bisa jadi jembatan bagi anak untuk menemukan teman baru di lingkungan barunya.

Baca Juga: 5 Cara Bantu Siapkan Mental Anak Saat Pindah Sekolah

Undang Teman-teman Sebaya Anak Main ke Rumah

Selain mengajak anak untuk berkenalan secara langsung dengan tetangga, orang tua juga bisa membantu si kecil dengan cara mengundang anak-anak tetangga untuk bermain ke rumah. Biasanya, anak-anak merasa cemas dan malu jika harus berkenalan dengan teman baru.

Siapkan acara bermain bareng khusus anak dan teman-teman sebaya di lingkungan barunya. Sediakan pula aneka camilan anak-anak yang bakal bikin suasana lebih seru. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi si kecil untuk kenal dan dekat dengan anak-anak lain di lingkungan barunya.


Rewriter : Salimah
Sumber : suara.com

Komentar