3 Cara Cegah Gibah Saat Puasa Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Cegah Gibah Saat Puasa Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, puasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus, tapi juga harus menahan untuk tidak melakukan hal-hal yang buruk. Misalnya, membicarakan orang lain atau gibah. Hal itu tentu sangat tidak baik, apalagi saat berpuasa Ramadan.

Bukan hanya berdosa karena membicarakan orang lain, kebiasaan gibah atau gosip lama-kelamaan akan menjadi bumerang karena orang tidak akan percaya lagi pada omongan Anda. Bahkan, Anda lah yang bisa menjadi subjek gibah orang lain.

Selain itu, gibah tentu bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan mental. Nah, agar tidak menjadi kebiasaan buruk di saat berpuasa, ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegahnya.

Baca Juga: Wahai Para Wanita, Ini Manfaat Menjaga Lisan Anda

Berikut tiga cara mencegah gibah saat puasa Ramadan:

Berhenti dan Ubah Topik
Jika Anda dalam suatu obrolan dengan orang lain, dan orang tersebut mulai memasuki topik menggibah segera hentikan obrolan dan berpikirlah selama beberapa detik. Kemudian ubah topik baru. Bila orang tersebut mencoba kembali pada menggibah, berikan tatapan tegas dan alihkan topik lain lagi.

Jangan Berbisik
Jika sedang mengobrol di tempat umum, jangan sekali-kali berbisik dengan lawan bicara Anda. Meskipun Anda tidak sedang membicarakan orang lain, hal itu akan menyinggung orang-orang yang ada di sekitar Anda. Itu bisa memicu munculnya gibah.

Tinggalkan
Ada teman Anda yang gemar sekali menggibah?. Sudah Anda peringatkan namun ia masih saja melanjutkannya?. Tinggalkan saja! Lawan bicara seperti itu merupakan toxic bagi diri Anda sendiri. Tapi setelah Anda tinggalkan bisa jadi Anda lah yang menjadi subjek gibahannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.