3 Cara Cerdik Hemat Kuota Data 4G di Android

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Cerdik Hemat Kuota Data 4G di Android
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin banyaknya pengguna smartphone, semakin banyak pula para operator yang menawarkan jaringan internet dengan konektvitas lebih cepat daripada 3G.

Nah, saat konektivitas internet sangat cepat membuat sebagian orang merasa nyaman ingin selalu internetan. Akhirnya, mau tidak mau 4G pun cepat habis seiring pemakaiannya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar penggunaan kuota data 4G di android lebih hemat?. Berikut tipsnya:

Membatasi Paket Data
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat paket data adalah melakukan pembatasan paket data. Dengan menerapkan batasan kuota per hari, pengguna akan menerima peringatan jika kuota data telah melebihi batas yang ditentukan.

Buat Anda yang biasa menghabiskan misalnya 2GB per hari, Anda bisa menyetelnya menjadi 1GB per hari, atau berapa pun yang Anda inginkan.

Minimalkan Penggunaan Aplikasi Chatting
Siapa sih yang tidak memakai aplikasi chatting di smartphone?. Semua orang pasti punya. Apalagi pengguna di Indonesia ini menggunakan lebih dari satu aplikasi chatting.

Meski hanya dipakai untuk saling ngobrol atau berkomunikasi, aplikasi chatting ternyata memakan kuota data dalam jumlah banyak lho.

Untuk menghemat paket data, sebaiknya jangan memasang terlalu banyak aplikasi chatting di smartphone. Hal ini karena kuota data akan terus terkuras bila aplikasi chatting tersebut aktif ataupun berjalan di background.

Pakai WiFi
Apakah Anda sering menonton video streaming, mendengarkan musik streaming, atau menghabiskan waktu di Instagram menggunakan kuota data?. Jika iya, kemungkinan besar hal-hal inilah yang membuat kuota data di smartphone Anda cepat habis.

Untuk menghemat kuota data, Anda bisa memilih menggunakan jaringan WiFi saat sedang membuka aplikasi-aplikasi streaming.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh konten dan menyaksikannya kemudian. Jika hal ini dilakukan, tentu kuota data Anda jadi lebih hemat dibanding sebelumnya. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.