3 Cara Ini Bisa Amankan si Kecil dari Video yang Tak Sesuai

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Ini Bisa Amankan si Kecil dari Video yang Tak Sesuai
ilustrasi

PortalMadura.Com – -anak zaman sekarang sudah terbiasa dengan teknologi. Mengakses layanan di internet seperti youtube sudah bisa mereka lakukan dengan sangat mudah. Jadi, jangan heran kalau saat ini anak usia sekolah dasar bahkan TK sekalipun fasih dan terbiasa menonton video di youtube.

Sebagai orang tua, pasti ada perasaan khawatir jika anak-anak Anda menonton video yang tidak sesuai dengan umurnya. Oleh karena itu, selain membatasi waktu anak menonton video, peran Anda juga penting untuk mensortir video di youtube agar aman untuk anak.

Berikut caranya?. Simak penjelasan di bawah ini:

Report atau Flag Video yang Menurut Bunda Tidak Patut untuk Ditonton Anak
Ketika Bunda menemukan video yang tidak sesuai dan tidak pantas untuk ditonton anak, dengan mudahnya Bunda bisa memberikan flag atau report video tersebut kepada Youtube. “Kami memiliki anggota komunitas Youtube untuk melaporkan konten yang mereka temukan tidak pantas sehingga kami dapat mengambil tindakan,” ujar Fibriyani.

Caranya mudah banget Bun, cukup pilih ‘report', setelah itu pilih alasan pengaduan. Bunda juga bisa menandai ‘flag' atau gambar bendera yang ada di bagian bawah video, lalu dengan cara yang sama Bunda dapat memilih alasan pengaduan video. Simpel bukan?

Ciptakan PlaylistVideo Favorit
Siapapun dapat membuat daftar video kesukaan dan membagikannya. Seperti kumpulan video favorit Bunda, daftar video musik yang sering didengar ketika berolahraga atau bahkan kumpulan video untuk si kecil sebagai edukasinya.

Dari kumpulan video favorit, si anak akan menonton terus secara berulang terkait video yang Bunda favoritkan untuknya. Dengan begini, tidak ada video yang tidak diinginkan muncul.

Caranya gimna? Mudah sekali, cukup klik ‘add to' atau gambar ‘+' di bawah video yang sedang atau ingin Bunda tonton, pilih buat playlist baru, tulis nama playlist, lalu pilih mau dibuat privat atau tidak.

Hanya Bunda yang dapat melihat ‘private list' dan tidak dibagikan dengan orang lain. Setelah Bunda berhasil membuat playlist, Bunda dapat menambahkan video hanya dengan 2 ketuk, dengan klik ‘add to' kemudian pilih playlist yang ingin Bunda tambahkan videonya.

Sambungkan ke Televisi
Untuk kenyamanan saat menonton video favorit bersama anak, Bunda bisa sambungkan smartphone ke televisi dengan menggunakan kabel HDMI. Nah, cara ini bisa memudahkan orang tua mengawasi tontonan anak.

Iya, soalnya kan layar televisi lebih besar tuh ketimbang layar handphone. Jadi apa yang anak tonton, juga bisa langsung kita tonton.

Nah, smartphone Bunda dengan kata lain bisa bertindak sebagai remote untuk memilah video yang akan ditonton. Jadi si kecil tidak bisa melihat video yang tidak selayaknya ditonton. Lagipula dengan menyambungkan ke televisi, sekeluarga bisa menonton bersama-sama. (haibunda.com/Desy)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.