3 Cara Jitu Tingkatkan Kinerja RAM di Smartphone Android

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Jitu Tingkatkan Kinerja RAM di Smartphone Android
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat kinerja terasa lebih lambat alias lemot dibandingkan biasanya, kemungkinan kapasitas RAM (Random Access Memori) smartphone sudah makin sempit. Apalagi RAM dipakai untuk menyimpan berbagai data dari aplikasi yang masih aktif.

Dengan begitu, aplikasi bisa diakses dengan cepat oleh prosesor. Sehingga bisa dibilang, RAM adalah ruang penyimpanan sementara yang membuat pengguna bisa mengakses banyak hal dan membuat smartphone jadi multitasking.

Maka dari itu, jika kapasitas RAM makin sempit, kinerja smartphone Android dalam memproses perintah pengguna makin melambat. Misalnya, saat Anda ingin membuka aplikasi Facebook, prosesnya akan lebih lambat dibanding biasanya.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?. Berikut ini tiga cara membuat RAM lebih lega:

Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper
Personalisasi smartphone dengan menambahkan widget dan live wallpaper memang membuat tampilan smartphone jadi lebih personal. Kendati demikian, widget dan live wallpaper menghabiskan space RAM.

Alih-alih menjadi lebih cepat, sering me-refresh perangkat justru menguras baterai. Oleh karena itu, langkah yang tepat untuk dilakukan adalah membatasi penggunaan widget dan me-non-aktifkan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM.

Disable Application
Beberapa aplikasi memang memakai kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Karenanya, Anda bisa memilih aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone pun akan meningkat.

Untuk me-non-aktifkan aplikasi, Anda bisa masuk ke Setting, kemudian memilih menu Application Manager. Selanjutnya, Anda akan masuk ke daftar seluruh aplikasi yang dipasang pada Android Anda.

Selain itu, jangan coba-coba untuk me-non-aktifkan semua aplikasi. Usahakan memilih aplikasi yang jarang dipakai, atau kalau memang tidak pernah dipakai lebih baik meng-uninstall-nya.

Baca Juga: Polres Sumenep Amankan Pemilik Sabu 2,15 Gram

Disable Annimation
Animasi seringkali memakan banyak memori RAM, untuk me-non-aktifkannya, Anda harus masuk ke Developer option, caranya masuk ke Setting lalu pilih About Phone. Selanjutnya, ketuk Build Number sekitar tujuh kali hingga ponsel memberikan notifikasi bahwa pengguna sudah menjadi developer.

Setelah bagian ini selesai, Anda bisa masuk ke Setting ponsel, kemudian geser ke bawah untuk menemukan Developer Options. Setelah itu, Anda bisa masuk ke Drawing section dan matikan opsi tersebut. Beberapa opsi yang bisa di-non-aktifkan di antaranya adalah Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale. Selamat mencoba! (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.