Kenali 5 Perbedaan Jeans Murah dan Mahal Menurut Pakar Denim

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Perbedaan Jeans Murah dan Mahal Menurut Pakar Denim
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Celana jeans dari masa ke masa memang selalu menjadi pilihan untuk segala suasana. Selain mudah didapatkan, celana jenis ini juga memiliki model dan warna yang beragam.

Hal itulah yang menyebabkan harga celana jeans menjadi bervariasi. Lantas, apa perbedaan celana jeans berharga mahal dengan yang murah?. Menurut pakar denim, Benjamin Talley Smith, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli celana jeans.

Berikut lima perbedaan jens murah dan mahal menurut Benjamin Talley Smith:

Jahitan Tepi Kain
Perbedaan jeans murah dan jeans mahal yang pertama dilihat dari bagian tepinya. Celana berkualitas bagian tepi atau ujungnya dijahit dengan rapi dan lebih rapat.

Menurut Benjamin, tujuan tepi jeans ditenun agar bahan tidak mudah sobek ataupun terurai jahitannya. Celana jeans yang dibuat dari bahan denim yang bagian tepinya dijahit rapi ini biasanya harganya dua kali lipat lebih mahal. Sedangkan celana jeans murah, bagian tepinya hanya dijahit obras sehingga mudah terbuka jahitannya.

Bentuk Jeans
Mengeluarkan uang lebih untuk membeli jeans merupakan investasi. Harga murah dan mahalnya jeans pun mempengaruhi kualitasnya. Jeans berkualitas cenderung awet dipakai dan bentuknya tidak akan menyusut ataupun melar seiring lamanya pemakaian.

Jahitan per Inci
Celana jeans yang mahal dan jeans murah juga dapat dibedakan dari jahitannya. Jeans mahal dijahit sepanjang kain. Lebih banyak jahitan disetiap inci, jeans semakin tahan lama. Mengapa mahal?. Karena semakin banyak bagian yang dijahit, waktu pembuatan semakin lama untuk memastikan semua jahitan kencang.

Whiskers
Perbedaan jeans murah versus mahal juga bisa dilihat dari whisker atau garis-garis pudar di celana yang membentuk pola. Garis-garis ini berasal dari cara mengenakan jeans, seperti kerutan yang terbentuk saat duduk.

Pada jeans yang mahal biasanya memiliki banyak whiskers yang tidak rata karena dibuat dengan tangan. Sedangkan celana jeans yang murah cenderung memiliki garis-garis pudar yang lebih rata karena sudah dibuat pola menggunakan komputer.

Baca Juga: Wisata Bukit Toron Samalem “Serasa di Jepang”

Resleting atau Kancing
Perbedaan jeans mahal dan jeans murah paling mudah dilihat dari penggunaan kancing atau resleting. Umumnya, jeans menggunakan kancing memiliki harga yang lebih mahal daripada yang memakai resleting. Mengingat harga resleting di pasaran lebih murah dibanding dengan kancing. (detik.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.