3 Cara Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai manusia, kita dapat mengalami berbagai perasaan seperti marah, senang, sedih, dan cemburu. Semua perasaan itu tentu tidak asing lagi bagi kita terutama rasa cemburu. Biasanya cemburu kita rasakan terhadap lawan jenis apabila kita sedang menjalin hubungan dan mempunyai rasa sayang terhadap seseorang.

Kata orang, cemburu adalah bumbunya suatu hubungan. Akan tetapi, bumbu yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab gagalnya sebuah hubungan. Cemburu bisa jadi tanda cinta bila kadarnya cukup. Tapi kalau sampai berlebihan bahkan cemburu buta, masalah dalam hubungan pun bisa runyam.

Penting untuk menjaga hubungan tetap sehat dengan tidak berlebihan dalam cemburu. Akal sehat pun tetap perlu dijaga agar masalah tidak makin runyam dalam hubungan. Menjaga hubungan memang butuh usaha.

Cemburu bisa jadi warna sendiri dalam hubungan selama tidak sampai berlebihan. Ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu dengan tetap menjaga akal sehat. Seperti cara-cara berikut ini.

Selalu Konfirmasi Lebih Dahulu Sebelum Menuduh
Sebaiknya jangan sembarang asal menuduh kalau belum ada kejelasan atau kepastian. Jangan mudah percaya info yang cuma gosip atau rumor. Jangan terlalu mudah curiga dengan pasangan sendiri.

Kita perlu meyakinkan pasangan bahwa kita percaya padanya maka dari itu kita pun perlu langsung bertanya atau klarifikasi soal berbagai hal dan masalah yang ada.

Hindari Percakapan Saat Masih dalam Keadaan Marah
Kalau masih marah atau dipenuhi rasa curiga, jangan memaksakan diri untuk mengajaknya bicara. Hindari obrolan atau percakapan bila suasana masih terasa panas atau tegang. Beri ruang pada masing-masing selama beberapa saat untuk menenangkan diri. Baru setelah itu luangkan waktu khusus untuk kembali mengobrol atau bercakap-cakap.

Bila Cemburu Membuat Hati Sedih, Ungkapkan Kesedihan Itu
Jujur saja bila hati sedih dan terluka karena merasa cemburu. Pasangan kita pun perlu tahu betapa besar rasa cinta dan peduli kita padanya. Kalau kita merasa sedih dan terluka saat melihatnya dekat dengan perempuan lain, tak ada salahnya untuk berkata jujur. Daripada hanya dipendam sendiri, malah akan membuat batin kita terluka sendiri.

Mengatasi rasa cemburu mungkin tak semudah kelihatannya. Butuh kejernihan pikiran dan cara berkomunikasi yang baik agar hubungan bisa tetap terjaga dengan baik dan tetap harmonis.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.