3 Cara Mudah Kembalikan Email Gmail yang Terhapus

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Mudah Kembalikan Email Gmail yang Terhapus
Ilustrasi (Fanjrinfo)

PortalMadura.Com merupakan salah satu sarana untuk mengirim atau menerima data. Hal ini banyak digunakan karena mudah, cepat dan efisien waktu.

Sehingga, biasanya banyak data yang diterima di kolom inbox. Kondisi ini bisa membuat pengguna kerepotan dan otomatis menghapus email di Gmail.

Namun terkadang, data yang sempat terhapus diperlukan lagi. Jika demikian, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Ubergizmo, berikut ini penjelasannya:

Manfaatkan Fungsi Undo

Saat pertama kali menghapus email yang ada di Gmail, Anda akan menemukan notifikasi kecil yang muncul di layar. Notifikasi itu berisi keterangan percakapan yang dihapus sudah dipindahkan ke folder Trash (tempat sampah).

Biasanya, notifikasi tersebut akan disertai opsi Undo di sebelahnya. Apabila Anda merasa salah menghapus email dan ingin mengembalikannya, langsung saja pilih opsi Undo tersebut.

Setelahnya, email tersebut akan langsung muncul kembali. Namun perlu diingat, notifikasi ini muncul hanya beberapa detik setelah pesan dihapus.

Buka Kolom Trash

Apabila terlewat untuk menekan tombol Undo saat menghapus sebuah pesan, Anda dapat langsung mengakses folder Trash. Sesuai namanya, folder ini berisi pesan yang sudah dihapus.

Google akan menyimpan email yang sudah dihapus selama 30 hari di Trash, sebelum menghapusnya secara permanen. Jadi sebelum 30 hari, Anda masih bisa mengembalikan email yang sudah dihapus ke tempat asalnya.

Untuk melakukannya, Anda tinggal buka folder Trash dan cari pesan yang ingin dikembalikan. Setelahnya, Anda dapat mengklik kanan dan pilih opsi Move to inbox.

Minta Bantuan Google

Lantas bagaimana dengan pesan yang sudah terhapus secara permanen dari folder Trash? Saat hal ini terjadi, Anda tidak bisa lagi memanfaatkan fitur di Gmail, melainkan harus langsung menghubungi Google.

Untuk pengguna akun Google atau Gmail biasa, ada cara terakhir untuk mengembalikan email dengan meminta bantuan langsung pihak Google.

Perusahaan juga sudah menyediakan formulir pengajuan untuk hal ini, tapi memang tidak seluruh permintaan dapat dipenuhi.

Sementara untuk pengguna akun G Suite, Anda dapat mengontak admin pengelola akun. Sebab, admin pengelola akun memiliki 25 hari tambahan untuk mengembalikan email yang sudah dihapus permanen.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.