oleh

Dalam Alquran, Ini 5 Pola Makan Sehat yang Perlu Umat Islam Ketahui

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang diatur dalam Alquran yaitu panduan makan. Selain itu, Rasulullah juga memberi banyak pelajaran tentang makanan dan cara makan menurut Islam.

Dalam hal ini bukan hanya tentang halal dan haramnya sebuah makanan, tapi juga tentang makanan baik dan menyehatkan. Jika diikuti, jenis makanan dan cara makan menurut anjuran Alquran ini memberikan dampak positif pada tubuh.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut beberapa pola makan yang terdapat dalam Alquran.

Makan Makanan Hasil Laut

Sumber makanan dari laut sangatlah berlimpah. Sebut saja misalnya ikan, udang, cumi hingga kerang, semuanya baik untuk dikonsumsi dan mengandung nilai gizi tinggi.

Dalam Islam bahkan ditegaskan apapun yang terdapat di laut memiliki sifat halal. Bahkan bangkai ikan pun halal untuk dimakan. Demikian juga dalam Al-Quran surah Al- Fatir ayat 12 yang menyebutkan anjuran untuk makan aneka sumber makanan dari laut.

“Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Fatir : 12)

Minum Susu

Dalam Islam, susu juga termasuk minuman yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Susu bahkan disebutkan secara khusus dalam surah An Nahl ayat 66.

Dijelaskan, susu sebagai minuman berwarna putih yang berasal dari perut binatang ternak.

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl : 66)

Konsumsi Buah dan Sayur

Anggur dan kurma termasuk buah yang banyak disebutkan dalam Al-Quran. Tapi bukan berarti buah lain tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan serat dan vitamin dalam buah sangat dibutuhkan tubuh.

“Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.” (QS An Nahl : 67)

Madu Sebagai Obat

Dalam Islam, madu dianjurkan dikonsumsi sebagai makanan kaya nutrisi sekaligus obat untuk berbagai jenis penyakit. Madu diproduksi secara alami oleh lebah.

Ilmu kedokteran menyebutkan bahwa madu mengandung unsur glukosa dan perfentous dalam porsi yang besar, yaitu semacam zat gula yang sangat mudah dicerna. Selain sebagai obat, madu juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai penguat sistem imun dan menjaga stamina.

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An Nahl : 69)

Makan dan Minum Secukupnya

Secara khusus ajaran Islam mengajarkan untuk mengonsumsi berbagai makanan halal dan thoyib dalam porsi secukupnya. Saat dikonsumsi berlebihan, makanan halal pun bisa menjadi haram.

Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar