oleh

3 Cara Mudah Rawat Ban Agar Awet

PortalMadura.Com – Ban merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki peran krusial terhadap keselamatan pengendara. Untuk itu, komponen yang bersentuhan langsung dengan jalanan ini tidak boleh luput dari perhatian.

Dilansir dari Detik.com, Ahad (23/2/2020), ada sejumlah cara sederhana dalam merawat ban. Perawatan ini wajib diperhatikan pemilik kendaraan, karena ban sangat terkait dengan keamanan dan keselamatan berkendara.

Sebagaimana menurut Manager Training ban Dunlop, Bambang Herman, menyebut ada tiga cara utama dan mendasar dalam merawat ban.

Ada cara merawat ban paling gampang. “Pertama, pilih ban yang cocok dengan kondisi jalan kita sehari-hari. Misalnya kita jalan dari rumah menuju kantor, itu jalanannya aspal saja, bagus dan rata. Jika demikian, kita tidak perlu pilih ban yang kasar kembangnya,” ujar Bambang.

“Jika seperti itu juga, tidak perlu memilih ban yang aspek rasionya tinggi (dinding ban yang tinggi, red). Karena kalau aspek rasionya tinggi, itu akan membuat kita nyaman di jalanan yang rusak, tidak pada jalanan mulus,” tambahnya.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Ini Dia Cara Rawat Ban Cadangan

Kedua, cara merawat ban dengan mudah adalah terus memeriksa tekanan angin dan menjaga tekanan angin sesuai dengan aturan.

“Kedua, tekanan angin dijaga. Ikuti petunjuk yang ada di balik pintu kemudi, insya Allah kita sebagai pengendara akan selamat,” ungkapnya.

“Dan ketiga, lakukan rotasi ban. Ini harus rutin dilakukan, setiap 10 ribu kilometer harus dirotasi. Caranya mudah, cukup melakukan rotasi dari ban depan di taruh ke belakang, dan ban belakang dirotasi ke depan,” pungkas Bambang.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar