3 Cara Rawat Pintu Geser Elektrik pada Mobil

Avatar of PortalMadura.Com
3 Cara Rawat Pintu Geser Elektrik pada Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – (electric sliding door) sangat praktis bagi penumpang untuk masuk dan keluar dari . Tinggal tekan tombol, maka pintu akan terbuka otomatis. Karena kepraktisannya banyak perusahaan otomotif yang sudah mengadopsi pintu geser ini.

Namun selain kenyamanan yang ditawarkan, electric sliding door butuh perawatan ekstra karena ada tambahan komponen mulai dari roller, pengunci, rel dan juga motor penggerak pintu. Nah, ini ada beberapa perawatan sederhana agar pintu geser elektrik berfungsi sempurna. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Gunakan Penetran
Perawatan pintu geser bisa Anda lakukan rutin di rumah. Dimulai dengan membersihkan railing (rel) dari kotoran yang terakumulasi. Kotoran bisa disapu dengan kuas halus, lap atau lebih bagus kalau Anda punya kompresor untuk menyemprot angin.

Langkah berikutnya, berikan cairan penetran untuk membersihkan roller. Cairan ini menghilangkan sisa-sisa kotoran yang tersangkut di roller dan bearing-nya. Penetran seperti ini bisa didapat di toko-toko yang menyediakan peralatan rumah tangga. Namun jangan lupa, penetran juga ada yang bersifat kimiawi keras, sehingga bisa membuat cat mobil kusam. Jadi, perhatikan juga komposisi cairan yang digunakan.

Saat mobil dicuci, usahakan tidak menyemprot langsung railing karena air yang masuk dan terlewat atau tidak bisa dikeringkan, bisa menimbulkan korosi.

Perhatikan Roller
Roller merupakan roda yang membuat pintu bisa bergeser. Di dalam roda ada bearing yang memungkinkan perputaran menjadi mulus. Bagaimana cara mendeteksi kalau ada yang salah dengan roller? Pertama perhatikan bunyinya. Kalau sudah terdengar kasar, bawa ke bengkel resmi untuk dicek keausan bearing.

Kedua, apakah pergerakan pintu masih mulus dan ringan? Hal ini lebih mudah dicek pada mobil berpintu geser manual, yang digerakkan oleh kekuatan tangan. Untuk pintu geser elektrik, perhatikan apakah perlu waktu yang lebih lama bagi pintu untuk menutup. Bearing yang sudah tidak optimal, membuat motor bekerja lebih keras dan ujung-ujungnya memperpendek umur motor penggerak. Pastinya, lebih baik ganti bearing daripada motor elektrik yang harganya bisa jutaan rupiah.

Bagaimana agar bearing dan roller awet? Mudah, berikan pelumas atau gemuk agar tetap licin dan minim gesekan. Tapi kalau Anda merasa ini merepotkan, bawa ke bengkel resmi terdekat.

Kalau Motor Elektrik Macet?
Ini paling menyebalkan. Saat berfungsi normal, motor elektrik memang sahabat sejati. Sebetulnya, kalau sudah sangat terpaksa, Anda bisa menggeser pintu secara manual, syarat mutlaknya matikan dulu motor elektrik dengan menekan tombol di dashboard.

Namun harap diingat, ada efek negatif bagi motor jika memaksa membuka atau menutup secara manual. Karena itu, begitu ketahuan pintu macet, sebaiknya panggil layanan darurat perbaikan di tempat (emergency service) untuk datang dan memperbaiki. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.