3 Cara Sukses Kembali Kerja Setelah Kena PHK

Avatar of PortalMadura.com
3-Cara-Sukses-Kembali-Kerja-Setelah-Kena-PHK
Ilustrasi (qubisa.com)

PortalMadura.Com – Sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Selama itu ada banyak perubahan besar yang terjadi, salah satunya yaitu berdampak pada kegiatan usaha yang gulung tikar. Alhasil, banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

Bagi kebanyakan orang, kehilangan matapencaharian tentu sangat berat. Karena hal tersebut mempengaruhi kondisi keuangan. Namun jangan khawatir dan pesimis dulu, sekarang mulai banyak perusahaan yang kembali membuka lowongan kerja.

Nah, selagi berusaha menemukan pekerjaan baru, persiapkan diri Anda untuk bangkit dan bersaing dengan pencari kerja lainnya. Dikutip IDN Times dari Cermati.com, berikut tips sukses wawancara kerja setelah Anda terkena :

Kelola Emosi Anda

Kehilangan pekerjaan bukan sesuatu yang mudah dihadapi. Mereka yang kehilangan pekerjaan, kebanyakan akan merasa terpuruk dan berada di masa-masa sulit.

Untuk itu, penting untuk Anda agar cepat bangkit. Mulailah mengelola emosi Anda dengan lebih baik. Ingatlah bahwa masa lalu adalah pelajaran paling berharga di masa depan.

Mengontrol emosi dengan baik ini akan membantu Anda agar lebih siap dalam proses wawancara. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya diri dan optimistis dalam menjalani setiap prosesnya.

Jujurlah Soal Alasan Anda Berhenti Kerja

Dalam sesi wawancara kerja, pewawancara akan menanyakan pengalaman kerja Anda, termasuk alasan Anda keluar dari tempat kerja. Tidak perlu malu mengatakan alasan yang sebenarnya mengapa Anda berhenti kerja, apalagi bila terkena PHK. Jelaskan bahwa Anda merupakan karyawan yang terdampak dari pandemik COVID-19.

Selain itu, ceritakan yang terbaik tentang perusahaan Anda sebelumnya. Pastikan untuk tidak menunjukkan kesan buruk atau menjelekkan perusahaan.

Selalu berusaha jujur dan ceritakan alasan sebenarnya, sehingga pewawancara tetap bisa menangkap kesan profesional di dalam diri Anda. Hal ini akan menguntungkan dan memberi Anda nilai positif di dalam wawancara tersebut.

Sampaikan Apa yang Anda Lakukan untuk Memperbaiki Diri Setelah Terkena PHK

Jika sudah jujur tentang alasan Anda keluar dari pekerjaan Anda, selanjutnya Anda harus jujur tentang upaya yang sudah Anda lakukan untuk berbenah dan mempersiapkan diri untuk bisa bekerja kembali.

Kalau Anda selama mengisi waktu kosong melakukan kegiatan positif untuk mengasah kemampuan Anda, ceritakan kepada pewawancara. Hal tersebut jelas akan membuat Anda mendapat penilaian positif lainnya.

Jual Kemampuan dan Yakinkan Pewawancara Mengapa Harus Menerima

Terakhir, tunjukan hasil dari persiapan-persiapan yang telah Anda lakukan untuk kembali bekerja. Cobalah untuk berusaha ‘menjual' diri Anda kepada perusahaan dengan kemampuan yang Anda miliki. Tunjukkan bahwa Anda kompeten dan merupakan kandidat yang layak untuk perusahaan tersebut.

Satu lagi, tetap bersikap profesional dan tunjukkan etika yang baik selama sesi wawancara. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mendapat nilai positif.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.