oleh

3 Efek Samping Konsumsi Kopi Tiap Hari

PortalMadura.Com – Setiap minuman pasti memiliki manfaat dan efek samping bagi kesehatan, begitu pula dengan kopi. Minuman yang punya cita rasa pahit ini, saat ini semakin digandrungi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa.

Melansir dari laman okezone.com, Jumat (19/7/2019), jika membahas tentang manfaat kopi, menurut seorang pendiri Rush University Family Physicians, Rothschild, MD, kopi punya berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Akan tetapi, mengosumsi kopi setiap hari juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa mengintai Anda.

Berikut tiga efek samping mengonsumsi kopi setiap hari:

Aktivitas Harian Terganggu

Umumnya, orang mengonsumsi kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Sebab, kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif.

Kendati demikian, minum kopi setiap hari bisa menyebabkan seseorang mengalami kegelisahan dan kecemasan. Parahnya lagi, jika diminum di waktu yang salah seperti sore atau malam hari, minum segelas kopi bisa membuat sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan.

Apabila Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein. Bila kebiasaan ini terlewati satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan perasaan seperti bingung.

Loading...

Baca Juga: Begini Cara Simpan Kopi yang Benar agar Kualitasnya Tetap Terjaga

Mengancam Kesehatan Lambung

Setelah minum kopi biasanya mulut akan terasa asam. Hal ini karena kopi mengandung rasa asam, sehingga bagi orang yang memiliki luka atau masalah di lambung sebaiknya tidak mengonsumsi kopi.

Terutama bagi Anda yang punya kebiasaan minum kopi setiap pagi, sistem pencernaan Anda bisa terganggu. Apalagi jika Anda meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung. Tanpa adanya makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung. Akibatnya, cairan asam yang bersifat korosif ini bisa merusak lapisan lambung jika terjadi secara terus-menerus.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung pada Orang Tertentu

Selain merusak lapisan lambung, bahaya lain dari minum kopi adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Mengonsumsi dua cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada orang dengan mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuhnya berjalan lebih lambat.

Maka dari itu, disarankan Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk mengonsumsi kopi setiap hari. Minum kopi memang memiliki manfaat, tapi sebaiknya konsumsi minuman berkafein tersebut sewajarnya saja.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com

Komentar