Daun Ketumbar, Si Hijau yang Bisa Bikin Awet Muda

Daun Ketumbar, Si Hijau yang Bisa Bikin Awet Muda
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit cantik, mulus dan awet muda. Selama Anda bisa memanfaatkan bahan alami di rumah, maka Anda tidak perlu pergi ke salon kecantikan dengan mengeluarkan biaya perawatan yang terbilang mahal.

Biasanya, berbagai macam buah-buahan dan sayuran kerap dijadikan bahan alami untuk kulit kesayangan. Tapi selain itu, ternyata bumbu dapur atau yang biasanya dijadikan pelengkap dalam masakan juga bisa dijadikan perawatan kecantikan, salah satunya yaitu daun ketumbar.

Daun ketumbar (Coriandrum sativum) atau yang juga dikenal dengan nama cilantro ini ternyata memiliki khasiat antipenuaan luar biasa. Mungkin belum banyak yang tahu kandungan daun ini untuk kecantikan.

Dilansir Fimela.com yang dikutip dari Healthline, berikut ini akan dibahas mengenai kandungan daun ketumbar:

Baca Juga:  Berbahaya! Ini 4 Tanda Skincare Abal-abal

Konsumsi Daun Ketumbar Merangsang Kolagen

Kolagen merupakan protein yang sering kali ditemukan dalam tubuh manusia. Apabila di kulit terdapat kadar kolagen yang sehat, maka tidak hanya akan terlihat lebih muda, tetapi juga lebih kuat.

Produksi kolagen di dalam tubuh bisa dirangsang dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengonsumsi daun ketumbar. Perlu Anda ketahui, ternyata rempah ini mengandung vitamin C yang bisa merangsang produksi kolagen.

Daun Ketumbar Mengandung Antioksidan Anti-aging

Daun ketumbar merupakan sumber asam linolenat yang berperan sebagai faktor antipenuaan kuat untuk kulit Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap binatang membuktikan bahwa ekstrak daun ketumbar bisa melawan penuaan kulit.

Baca Juga : Polisi Periksa Suami Hajar Istri Setelah Kepergok Bareng Selingkuhan

Umumnya, penuaan disebabkan karena radikal bebas. Radikal bebas yang mengancam manusia ini berada di mana-mana, baik di luar atau juga bisa di dalam tubuh manusia. Sementara asam linolenat di dalam daun ketumbar akan melawan radikal bebas di dalam darah.

Baca Juga:  5 Bahan Alami yang Biasa Bikin Rambut Berkilau

Mampu Melindungi Kulit dari Sinar UV B

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food pada tahun 2015 telah membuktikan kalau ekstrak daun ketumbar memiliki khasiat mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar ultra violet B.

Sinar UV B ini sangat bahaya pada kulit, karena bisa menyebabkan sunburn atau terbakarnya kulit. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat antipenuaan maka konsumsilah daun ketumbar secara teratur. Anda bisa memasukkannya di dalam salad, sup, atau masakan lainnya.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.