oleh

3 Elemen Perlu Kerjasama Yang Baik Untuk Menuju Sumenep Berkemakmuran

PortalMadura.Com, Sumenep – Bupati Sumenep A Busyro Karim mengharapkan ada kerjasama yang baik antara tiga elemen dalam usaha menuju Sumenep sejehtera, berkeadilan dan mewujudkan kemakmuran.

Tiga elemen dimaksud adalah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Menurut Busyro, dalam pelaksanaan pemerintahan tidak cukup bergantung pada satu pihak.

Namun, tetap harus ada pemisahan peran untuk saling menguatkan seperti peran legislatif sebagai pembuat kebijakan, eksekutif sebagai pelaksana kebijakan, dan yudikatif sebagai pengawas kebijakan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumenep, A. Busyro Karim pada acara Pengambilan Sumpah/ janji Pimpinan DPRD  Sumenep  periode 2014-2019 di Pendopo Agung Kraton Sumenep, Senin (22/10/2014).

“Jika tiga elemen bisa berjalan dengan baik, maka pemerintahan akan berjalan dengan baik pula. Termasuk hubungan antara legislatif dan eksekutif, dimana DPRD sebagai mitra kerja yang saling mendukung dan saling menguatkan agar mimpi dalam merajut kemajuan dan kesejehteraan Sumenep bisa cepat dicapai,” tandasnya.

Kondisi saat ini, katanya, masyarakat banyak menyoroti kinerja eksekutif dan legislatif. Hal tersebut sebagai  cambuk agar eksekutif dan legislatif dapat bekerja lebih baik di masa mendatang.

“Kita dituntut untuk membuat agenda kemajuan, bukan malah mengotori, memperkeruh dan memperlambat jalannya kemajuan Sumenep,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam membuat regulasi untuk kepentingan masyarakat, seperti penyusunan anggaran agar  terbuka dan berkualitas dan tidak jaman lagi tertututup,  serta tidak partisipatif bahkan terkesan prakmatif.

Legislatif sebagai fungsi pengawasan hendaknya memegang teguh etika politik. “Fisi dan misi politik, yang selalu berpedonam terhadap aturan perundang-undangan harus dijalankan dengan baik pula,” tandasnya.(eno/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE