oleh

Jokowi Perlu Melakukan Revitalisasi Gerakan Koperasi

PortalMadura.Com, Jakarta – Koperasi simpan pinjam atau koperasi jasa keuangan tetap tumbuh selama satu dekade ini, meski tanpa dukungan yang berarti dari Pemerintah.

Mereka berkembang lebih karena inisiatif dan upaya masyarakat sendiri. Koperasi jasa keuangan syariah (BMT) adalah salah satu yang paling pesat pertumbuhannya.

“Kami para pejuang BMT berharap kepada Pemerintahan Jokowi untuk lebih peduli kepada dinamika koperasi,” tegas Joelarso, Ketua Umum Perhimpunan BMT Indonesia di Jakarta, dalam rilisnya yang diterima Redaksi PortalMadura.Com, jelang Jambore BMT, Senin (20/10/2014)

Saat ini, dinilai momentum yang tepat untuk merivitalisasi koperasi di Indonesia. Upaya yang serius untuk mengembalikan marwah koperasi sebagai sokoguru perekonomian amat mungkin dilakukan Jokowi.

Dia menjelaskan, Baitul Mal wa Tamwil (BMT) memiliki beberapa keunggulan yang sudah terbukti. Pertama, sebagai koperasi yang dipercaya masyarakat luas untuk menyimpan dananya.

Kedua, sebagai koperasi yang memberi edukasi masyarakat agar giat menabung dan merencanakan keuangannya. Ketiga, sebagai koperasi yang telah memberi pembiayaan mudah dan murah kepada anggota, yang mayoritas adalah usaha mikro.
Keempat, sebagai usaha yang beroperasi secara syariah, BMT mendidik hidup yang baik secara Islami. “BMT mendorong masyarakat memiliki sikap produktif dan tindakan produktif,” katanya.

Jambore BMT akan berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 23 Oktober di Cibubur, diikuti oleh sekitar 1.000 pegiat BMT dari seluruh Indonesia. Jambore yang bertemakan “Bakti BMT Bagi Negeri” itu terdiri dari rangkaian acara diskusi serta kegiatan outbond.(rls/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE