3 Faktor Kulit Jadi Gelap Menurut Dokter Kulit

Avatar of PortalMadura.com
3 Faktor Kulit Jadi Gelap Menurut Dokter Kulit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas wanita Indonesia mendambakan kulit yang putih dan cerah. Sebab, mereka memiliki warna kulit yang cenderung sawo matang. Tidak heran, bila banyak masyarakat yang termakan janji iklan produk pemutih kulit, mulai dari harga terjangkau hingga menguras isi dompet.

Apalagi, warna kulit sawo matang bisa lebih menggelap karena beberapa faktor. Namun, kulit yang menggelap bukan berarti buruk. Menurut dr. Sondang Aemilia Pandjaitan Sirait, SpKK(K), MPd.Ked, menjelaskan tiga penyebab kulit sawo matang bisa menggelap.

Berikut ini ulasannya:

Terkena Sinar UVA
Sinar matahari terbagi menjadi 3, yaitu sinar UVA, UVB, UVC. Sinar UVA masuk lebih dalam ke kulit dan bisa memasuki lapisan epidermis paling bawah.

“Untuk memproteksi kulit, lapisan basal yang terletak di bagian paling bawah lapisan epidermis mengeluarkan pigmen sehingga kulit terlihat lebih gelap. Jadi kulit menggelap itu, sebenarnya merupakan proteksi kulit terhadap bahaya sinar matahari,” ungkap dr. Sondang.

Hormon Saat Hamil
Tidak jarang, kulit wanita hamil cenderung menggelap atau muncul bintik cokelat. Hal ini disebabkan oleh kandungan hormon yang tidak stabil. Hormon merangsang munculnya pigmen dengan intensitas yang berbeda dari biasanya.

Kulit Iritasi
Iritasi juga terkadang menimbulkan . Lagi-lagi penyebabnya adalah kulit yang berupaya untuk memproteksi diri dari zat yang berbahaya atau tidak cocok dengan kulit Anda.

Kulit yang menggelap karena sinar UVA itu biasanya terjadi pada kulit sawo matang atau golongan kulit nomor 4-6 yang sering disebut ras Mongoloid, Melanosoid, dan Negroid. Sedangkan warna kulit golongan 1-3 atau ras Asiatic Mongoloid dan Kaukasoid, kulitnya akan memerah jika terkena sinar UVA.

Sinar matahari yang diterima kulit secara terus-terusan akan memunculkan bintik-bintik hitam atau kecokelatan. “Agar kulit selalu sehat, warnanya rata, dan cerah, pemakaian sunblock wajib hukumnya,” tutur dr. Sondang.

Skin care lainnya juga tidak kalah penting. Pilih skin care dengan kandungan yang bisa merangsang generasi kulit dengan baik, salah satunya adalah vitamin C. Untuk tampil cerah, kandungan akaya pearl pada Avene Bright Intense juga bisa membantu para wanita yang ingin kulitnya terlihat bening seperti kaca. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.