oleh

3 Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Pengendara Motor

PortalMadura.Com – Musim hujan telah tiba, bagi Anda pengendara motor sebaiknya perhatikan keselamatan Anda saat berkendara. Dimusim hujan jalanan menjadi lincin hal ini berisiko Anda mengalami kecelakaan.

Sehingga Anda harus memerhatikan safety riding saat berkendara. Keamanan ini mulai dari pengendara, motor, dan kondisi lingkungan. Dilansir dari laman Kompas.Com, Sabtu (5/12/2020) ada tiga hal yang harus diperhatikan saat berkendara dimusim hujan.

Pengendara

Pertama bagi pengendara yaitu siapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan. Sebaiknya gunakan jas hujan yang setelan atas bawah. Agar tidak ada bagian jas hujan yang berkibar.

Gunakan helm dengan visor bening yang lebih mudah terlihat. Karena bagian ini sangat mudah sekali berkabut saat musim hujan. Sehingga akan mengganggu Anda saat berkendara.

Gunakan sepatu anti air atau yang berbahan dasar karet.Tidak disarankan menggunakan sandal karena sandal tidak melindungi kaki dengan maksimal. Terakhir hindari pengereman secara mendadak dan keras saat hujan karena cengkeraman ban ke jalan berkurang.

Kendaraan

Pastikan kendaraan Anda dalam perfoma yang maksimal. Seperti kondisi ban baik, memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah slip.

Area penting yang terdapat dalam motor pastikan tertutup dengan benar seperti sarinan udara, dan area CVT supaya motor tidak mudah mogok atau rusak.

Kondisikan rem motor dalam kondisi pakem, semua lampu menyeala dengan baik agar pencahayaan terlihat oleh pengendara lain saat cuaca gelap.

Lingkungan/Cuaca

Terakhir Anda harus mengenali situasi jalanan saat hujan seperti jalanan rusak, berlubang, atau banjir. Hal ini bertujuan utuk menghindari Anda dari potensi bahaya saat melewati area tersebut.

Saat Anda melewati daerah yang memiliki genangan air cukup tinggi sebaiknya tidak memaksakan kendaraan Anda melewati daerah tersebut. Karea jika Anda memaksakan untuk melewatinya maka ini akan mengganggu kinerja mesin motor Anda.

Berhati-hatilah selama berkendara. Gunakan helm dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Kompas.Com

Komentar